Senin, 24 November 2008

Affiliate Marketing

Sederhananya begini, affiliate marketing adalah bisnis yang berjalan via internet, bagian dari e-commerce. Merupakan sebuah usaha bersama antara merchant dan affiliasi.

Dapat anda perumpamankan dengan penjual buku. Apabila ia berhasil menjual buku, maka ia akan mendapat komisi dari penerbit.

Sederhanakan?

Merchant adalah pemilik produk atau jasa, dan untuk memasarkannya ia membuat program affiliasi. Affiliasi adalah orang yang membantu mempromosikan produk/jasa merchant dengan komisi tertentu.

Merchant dapat berupa sebuah perusahaan, atau orang pribadi yang tentu saja ia harus memiliki website. Untuk menjalankan program affiliasinya ia membutuhkan sebuah software. Yang berguna untuk melihat perkembangan bisnisnya. Berisi data seluruh affilasinya, sistem pembayaran, calon pembelinya, dan data terkait lainnya.

Untuk setiap affiliasi yang bergabung, merchant memberikan link atau banner khusus. Yang berguna untuk mengetahui siapa yang mengirimkan calon pembeli ke website merchant (mengidentifikasi pemilik link).

Merchant perlu melakukan penelitian tentang website affiliasi yang berminat untuk menjual produknya, tujuannya untuk meyakinkan dirinya bahwa website mereka cocok. Penelitian ini memegang peranan kunci untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan. Apabila merchant berhasil, maka ia mempunyai akses ke pasar dan pelanggan tanpa menghabiskan banyak waktu.

Iklan yang dipasang pada situs affiliasi tidak boleh mengganggu pengunjung situs. Dan harus meningkatkan keinginan untuk produk. Sehingga akan membawa pengunjung ke situs merchant. Merchant juga yang memutuskan berapa banyak ia akan membayar.

Affiliasi juga mempunyai banyak keuntungan. Affiliasi bisa mempromosikan/mengikuti lebih dari satu program afiliasi. Affiliasi dapat memperoleh pendapatan yang besar dari program affiliasi. Tetapi ini tentu saja tidak mudah.

Affiliasi perlu memiliki kesepahaman dengan merchant tentang jenis komisi, cara pembayaran dan waktu kontrak. Affilisi juga mempunyai tanggungjawab untuk mewakili merchant menerangkan kepada calon pembelinya tentang produk yang ditawarkan sehingga mereka tertarik. Dan juga memilih program afiliasi yang sesuai dengan materi dari websitenya.

Sebagai contoh, jika situsnya membidik ibu-ibu rumah tangga, maka mempromosikan sabun cuci mungkin akan menarik perhatian mereka. Meraka juga akan menghargai link ke produk-produk bayi.

Jika anda serius menjadi affiliasi sebaiknya anda memiliki website sendiri. Walaupun anda dapat juga mempromosikan lewat ezine (electronic magazine), ebook gratis, dan lainnya.

Di dalam affiliate marketing, seorang affiliasi bisa dibayar untuk setiap pengunjung yang datang karena meng-klik link yang diberikan oleh merchant (Pay Per Click), atau pengunjung yang datang dan meninggalkan identitasnya, biasanya nama dan email (Pay Per Lead) atau dibayar apabila pengunjung ini melakukan pembelian (Pay Per Sale). Yang terakhir ini yang sering digunakan. Atau gabungan dari ketiganya, namun tetap persentase dari Pay Per Sale yang terbesar.

Perlu diperhatikan bahwa merchant tidak membayar afiliasinya sampai jumlah uang tertentu dan waktunya juga tertentu, bisa bulanan, atau triwulan

Tidak ada komentar:

Selamat Datang Di Buabuazone Nusantara | Agama Islam Terbaru : Ekonomi Syariah, Segera : Tentang Agama Islam Lainnya | Bisnis Dan Internet Terbaru : Bisnis Minyak Nilam, Segera : Tutorial Bisnis Online Lainnya | Budaya Terbaru : Budaya Jawa, Segera : Budaya Papua | Ekonomi Dan Politik Terbaru : Penjelasan Tentang Inflasi, Deflasi, Dan Bank, Segera : Perkembangan Perekonomian Indonesia | Militer Terbaru : Tentara Nasional Indonesia, Segera : Armada Perang Tentara Nasional Indonesia | Musik Terbaru : Lagu-Lagu Anti Komersil Dan Lagu-Lagu Rock Festival Indonesia, Segera : Penyanyi-Penyanyi Legenda Indonesia | Olahraga Terbaru : Liputan Seputar Piala Dunia 2010, Segera : Berita Terbaru Dan Hasil Pertandingan Terbaru Piala Dunia 2010 | Pendidikan Dan Pengetahuan Terbaru : Tarsius, Primata Terkecil Di Dunia, Segera : Informasi Tentang Ilmu Pengetahuan Lainnya | Sastra Terbaru : Kisah Si Malin Kundang, Segera : Cerita-Cerita Rakyat Lainnya | Wisata Terbaru : 10 Monumen Yang Paling Menakjubkan Di Dunia , Segera : Kota-Kota Tujuan Wisata Indonesia | Selamat Membaca Dan Tataplah Dunia Bersama Buabuazone Nusantara...^_^
 
© Copyright by Buabuazone Nusantara  |  Template by http://blogtemplate4u.com/