Sabtu, 13 Desember 2008

Jurnal Manajemen

EVOLUTION OF MANAGEMENT

SEJARAH MANAJEMEN
Banyak kesulitan yang terjadi dalam melacak sejarah manajemen. Beberapa orang melihatnya (dengan definisi) sebagai konseptualisasi modern yang terlambat (dalam hal modernitas yang terlambat). dalam istilah tersebut manajemen tidak memiliki sejarah pra-modern, hanya merupakan pertanda. Beberapa orang lainnya, mendeteksi aktivitas mirip-manajemen di masa pra-modern akhir. beberapa penulis melacak perkembangan pemikiran manajemen pada pedagang-pedangan Sumeria dan pembangun piramid Mesir. Para pemilik budak selama berabad-abad menghadapi permasalahan eksploitasi/memotivasi budak yang bergantung namun terkadang suka melawan (memaksa otoritas), namun banyak perusahaan pra-industri, dengan skala mereka yang kecil, tidak merasa terdorong ungtuk menghadapi permasalahan manajemen secara sistematis. namun, inovasi seperti penyebaran sistem angka Hindu-Arab (abad ke-5 hingga ke15) dan kodifikasi kesekretariatan entri-ganda (1494) menyediakan perangkat untuk penilaian, perencanaan dan kendali manajemen. Beberapa penulis melacak pengembangan manajemen sejauh perdagangan di Sumeria dan pembangunan piramid di Mesir.

Abad 19
Pada pertengahan abad 19, Robert Owen, Henry Poor, dan M. Laughlin dan lain-lain memperkenalkan elemen manusia dengan teori pelatihan, motivasi, struktur organisasi dan kontrol pengembangan pekerja.
Pada akhir abad 19, Pelaku ekonomi marginal Alfred Marshall dan Leon Walras dan lainnya memperkenalkan lapisan baru yang kompleks ke teori manajemen. Pada 1900an manajer mencoba mengganti teori mereka secara keseluruhan berdasarkan sains.

Abad 20
Teori pertama tentang manajemen yang lengkap muncul sekitar tahun 1920. Orang seperti Henry Fayol dan Alexander Church menjelaskan beberapa cabang dalam manajemen dan hubungan satu sama lain. Mendekati akhir abad 20, manajemen terdiri dari beberapa bidang terpisah, termasuk:
Manajemen Sumber daya manusia
Manajemen operasi atau produksi
Manajemen strategi
Manajemen pemasaran
Manajemen keuangan
Manajemen informasi teknologi

SEJARAH PERKEMBANGAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Pemikiran tentang memahami dan menganalisis kerja manusia baru tercetus kira-kira 70 tahun yang lalu yang dirintis oleh Frederick Winslow Taylor (1856 – 1915) dengan karyanya Scientific Management.

FREDERICK WINSLOW TAYLOR (1856 – 1915)
Taylor memusatkan perhatiannya pada 5 langkah, yaitu seleksi orang, menemukan metoda kerja yang paling baik, merancang sarana kerja yang cocok serat memanfaatkan, melatih dan memotivasi karyawan. Ia mempersamakan manusia dengan mesin. Mesin akan bekerja baik jika dipelihara dan dilumasi dengan baik, demikian juga halnya dengan manusia. Manusia harus disediakan kondisi kerja yang baik, harus terlatih dan diupah secukupnya, sehingga ia otomatis akan bekerja dengan baik. Ternyata Taylor telah kehilangan penglihatan terhadap hal-hal yang essential, yaitu bahwa : manusia adalah kreatif, memiliki perasaan dan emosi serta memiliki kecerdasan. Taylor memiliki pemahaman yang jelas perihal peranan manajemen dan kebutuhan akan peningkatan produktivitas, namun ia tidak tahu bagaimana menggugah semangat kerja para karyawan.

FRANK GILBRETH ( 1868 – 1924 )
Frank Gilbreth dapat dianggap sebagai pencetus System Management. Dia memandang semua gerakan operasional satu dengan lainnya berkaitan dan harus dilakukan dengan cara yang paling sistematis. Gilbreth menanggapi kenyataan bahwa tingkat produksivitas seseorang tergantung dari kepribadian dan lingkungan kerjanya.

ELTON MAYO (1880 – 1949)
Elton Mayo terkenal dengan penelitiannya di bidang Human Relations pada Western Electric Company di Hawthorne – Chicago. Mayo berkesimpulan, pertama bahwa orang dapat menunjukkan produktivitas yang tinggi bila menyadari bahwa dia memperoleh pengakuan dan penghargaan. Kedua, bahwa para pekerja akan mengembangkan norma-norma produksinya sendiri dan tidak mengakui norma-norma resmi. Mereka ini mempunyai pemimpin informal sendiri yang lebih mereka patuhi daripada pemimpin regu kerjanya yang resmi.
Produktivitas dikendalikan oleh para rekan sekerja dan para pengawas. Perilaku para pekerja dikendalikan oleh suasana kelompok. Pekerja secara individual kehilangan identitasnya dan menjadi anggota kelompok sepenuhnya. Pemahaman yang cukup terhadap kelompok-kelompok kerja semacam itu adalah penting demi tercapainya efisiensi organisasi.

MARY PARKER FOLLET ( 1868 – 1933 )
Follet berkeyakinan bahwa segala masalah manajemen pada dasarnya merupakan masalah hubungan antar manusia dan bahwa pada dasarnya manusia itu konstruktif dan koperatif. Adalah menjadi tanggung jawab manajemen untuk mengorganisasi perusahaan sedemikian rupa agar orang-orang berperan serta sepenuh hati dalam segala kegiatannya. Follet berpendapat bahwa di dalam suatu organisasi yang baik, orang – orang akan mengembangkan diri dengan menunjang pengembangan organisasi itu sendiri. Hal ini bertentangan dengan gagasan Taylor dalam Scientific Management, yaitu bahwa individu tidak memiliki kebebasan bertindak maupun ruang lingkup bagi inisiatif. Oleh karena itu falsafah Follet ini tepat bila disebut falsafah manajemen yang demokratis dan dinamis. Menurut Follet tujuan utama manajemen hendaknya adalah pencapaian suatu kesatuan yang terpadu.Apabila berhasil dikembangkan rasa tanggung jawab bersama maka perselisihan yang tidak perlu dapat diminimumkan.Tanggung jawab besama menuju kepada pengembangan semangat kerja tim yang merupakan dasar bagi kreativitas bersama.

ABRAHAM MASLOW (1908 – 1970)
Maslow menyatakan bahwa di antara segala sumber daya yang tersedia bagi seorang manajer, sumber daya manusia adalah yang terpenting. Manusialah yang merupakan unsur pemberi kehidupan dalam setiap organisasi. Maslow telah mengemukakan teorinya mengenai kebutuhan manusia. Teori inilah yang kemudian diakui sebagai dasar Douglas Mc Gregor mengembangkan teori Y yang terkenal. Jika Sigmund Freud mengatakan bahwa manusia adalah binatang yang agresif, penuh nafsu dan ceroboh, maka Maslow berpendapat sebaliknya. Maslow menganggap manusia pada dasarnya adalah baik dan layak, bahkan kadang-kadang berbuat luhur dan mulia. Manusia tidak pernah sepenuhnya terpuaskan. Kebutuhan yang tidak terpuaskan itulah yang memotivasi seseorang.

DOUGLAS MC GREGOR (1906 – 1964)
Mc Gregor terkenal dengan bukunya The Human Side of Enterprise mengemukakan anggapan tentang manusia, yaitu Teori yang tradisional dan Teori Y yang potensial. Mc Gregor menganggap bahwa sumber daya manusia tidak sepenuhnya didayagunakan pada organisasi-organisasi modern. Orang tidak diberi kesempatan untuk mengembangkan diri. Inisiatif individual seringkali dibekukan.

PERKEMBANGAN PENDEKATAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Aliran pemikiran manajemen
Pendekatan MSDM
· Manajemen Ilmiah
· Hubungan manusiawi/perilaku
· Sistem sosial
· Mekanis (1900-1920)
· Paternalistik (1920-1930)
· Kontingensi/situasional (1930->)

Ada beberapa faktor yang menyebabkan berkembangnya manajemen sumber daya manusia yaitu factor internal dan factor eksternal :
Faktor Internal :
· Misi dan tujuan organisasi
· Taktik dan strategi
· Bentuk pekerjaan
· Teknologi
· Faktor ekonomi
Faktor Eksternal :
· Faktor politik
· Faktor sosial budaya
· Faktor Globalisasi
· Faktor IPTEK

Tidak ada komentar:

Selamat Datang Di Buabuazone Nusantara | Agama Islam Terbaru : Ekonomi Syariah, Segera : Tentang Agama Islam Lainnya | Bisnis Dan Internet Terbaru : Bisnis Minyak Nilam, Segera : Tutorial Bisnis Online Lainnya | Budaya Terbaru : Budaya Jawa, Segera : Budaya Papua | Ekonomi Dan Politik Terbaru : Penjelasan Tentang Inflasi, Deflasi, Dan Bank, Segera : Perkembangan Perekonomian Indonesia | Militer Terbaru : Tentara Nasional Indonesia, Segera : Armada Perang Tentara Nasional Indonesia | Musik Terbaru : Lagu-Lagu Anti Komersil Dan Lagu-Lagu Rock Festival Indonesia, Segera : Penyanyi-Penyanyi Legenda Indonesia | Olahraga Terbaru : Liputan Seputar Piala Dunia 2010, Segera : Berita Terbaru Dan Hasil Pertandingan Terbaru Piala Dunia 2010 | Pendidikan Dan Pengetahuan Terbaru : Tarsius, Primata Terkecil Di Dunia, Segera : Informasi Tentang Ilmu Pengetahuan Lainnya | Sastra Terbaru : Kisah Si Malin Kundang, Segera : Cerita-Cerita Rakyat Lainnya | Wisata Terbaru : 10 Monumen Yang Paling Menakjubkan Di Dunia , Segera : Kota-Kota Tujuan Wisata Indonesia | Selamat Membaca Dan Tataplah Dunia Bersama Buabuazone Nusantara...^_^
 
© Copyright by Buabuazone Nusantara  |  Template by http://blogtemplate4u.com/