Rabu, 03 Desember 2008

Rangkuman Beberapa Pokok Bahasan Pengantar Ekonomi Makro

Eko.makro=bagian dari ilmu ekonomi yang menghususkan mampelajari mekanisme bekerjanya perekonimian sebagai suatu keseluruhan.


Pendapatan Nasional=menerangkan tentang nilai barang dan jasa yang diproduksi suatu negara dalam suatu tahun tahun tertentu, biasanya satu tahun.

Ini merupakan ukuran besarnya kemampuan suatu negera untuk menghasilkan barang dan jasa dalam suatu tahun tertentu.


PDB=nilai barang dan jasa yang diproduksi dalam negara tersebut dalam satu tahun tertentu atau nilai barang dan jasa dalam suatu negara yang diprosuksi dengan faktor produksi milik warga negara tersebut dan negara asing.


PNB=nilai barang dan jasa yang dihitung dalam pendapatan nasional hanya barang dan jasa yang diproduksi menggunakan faktor produksi yang di[produksi yang dimiliki warga negera dari negara yang pendapatan nasionalnya dihitung.


PFN dari LN=pendapatan faktor produksi yang diterima dari luar negeri dikurangi faktor produksi yang dibayarkan keluar negeri.


Sifat dasar PNB=PNB adalah ukuran moneter. PNB hanya memperhitungkan barang2 dan ajsa2 akhir saja. PNB tdak memperhitungkan nilai2 yang timbul dari –transaksi tidak dilakukan melalui pasar, -transaksi barang bekas, -kualitas produk, -waktu luang, -kerusakan lingkungan, -distribusi dan komposisi output.


Metode perhitungan pendaptan nasional

1. pendekatan pengeluaran

a. pengeluaran konsumsi RT(C), b.pengeluaran konsumtif (G,C,I) c. pembentukan modal sekotr swasta (I), d.ekspor neto (x-m). Y=C+I+G+(x-m)

2. pendekatan pendapatan

a.pendapatan para pekerja yaitu gaji upah,

b. pendekatan untuk perseorangan,

c. pendapatan dari sewa,

d .bunga netto=seluruh nilai pembayara bunga yang dikeluarkan dikurangi bunga atas pimpinan konsumsi dan bunga atas pinjaman pemerintah,

e. keuntungan perusahaan

3. Pendekatan produksi

PN= nilai barang2 dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam jangka waktu tertentu biasanya 1 tahun.

#jenis barang2 yang dihasilkan atas suatu negara banyak 1000 jenis, 10.000 jenis dit.

Nilainya dihitung sbb=

PN=SnPn.Qn

Angka Pengganda

Suatu angka yang menunjukan rasio antar DeltaY dengan Selta salah satu vatiabel yang membetuknya

Kapasitas Produk Nasional

PN(PDB) KPN yaitu komposisi, kulitas, kuantitas yang dipemgatuhi oleh SDA, SDM, SD capital.

I>Sfe =IG san I

Download Selengkapnya Rangkuman Di Atas

Tidak ada komentar:

Selamat Datang Di Buabuazone Nusantara | Agama Islam Terbaru : Ekonomi Syariah, Segera : Tentang Agama Islam Lainnya | Bisnis Dan Internet Terbaru : Bisnis Minyak Nilam, Segera : Tutorial Bisnis Online Lainnya | Budaya Terbaru : Budaya Jawa, Segera : Budaya Papua | Ekonomi Dan Politik Terbaru : Penjelasan Tentang Inflasi, Deflasi, Dan Bank, Segera : Perkembangan Perekonomian Indonesia | Militer Terbaru : Tentara Nasional Indonesia, Segera : Armada Perang Tentara Nasional Indonesia | Musik Terbaru : Lagu-Lagu Anti Komersil Dan Lagu-Lagu Rock Festival Indonesia, Segera : Penyanyi-Penyanyi Legenda Indonesia | Olahraga Terbaru : Liputan Seputar Piala Dunia 2010, Segera : Berita Terbaru Dan Hasil Pertandingan Terbaru Piala Dunia 2010 | Pendidikan Dan Pengetahuan Terbaru : Tarsius, Primata Terkecil Di Dunia, Segera : Informasi Tentang Ilmu Pengetahuan Lainnya | Sastra Terbaru : Kisah Si Malin Kundang, Segera : Cerita-Cerita Rakyat Lainnya | Wisata Terbaru : 10 Monumen Yang Paling Menakjubkan Di Dunia , Segera : Kota-Kota Tujuan Wisata Indonesia | Selamat Membaca Dan Tataplah Dunia Bersama Buabuazone Nusantara...^_^
 
© Copyright by Buabuazone Nusantara  |  Template by http://blogtemplate4u.com/