Rabu, 03 Desember 2008

Rangkuman Beberapa Pokok Bahasan Perekonomian Indonesia

Ciri2 umum perekonomian negara berkembang :
1)Perekonomian bersifat agraris
2)Produktifitas rendah
3)Pendapatan rendah
4)Pendidikan dan sekolah rendah
5)Saving rendah
6)Investasi rendah
)Kesempatan kerja sedikit.

Ciri Khusus=
1)pengguran tinggi
2)Jumlah penduduk sangat besar
3)Infra struktur/prasarana publik
4)pelayanan publik

SEKTOR PERTANIAN

Peran sector pertanian= Penyediaan pangan, Penciptaan lapangan kerja, Peningkatan devisa negara, Pengurangan kemiskinan pedesaan, Kontribusi tidak langsung melalui mutliplier effect yaitu kelesarian lingkungan, keragaman dayati dan sosial budaya.

Strategi mempercepat pembangunan pertanian
Pembanguna harus bebasis pedesaan: Menekan urbanisasi dan ketimpangan sosial ekonomi, Lingkungan hisup semakin terkelola, Peduduk pedesaan semakin sejahtera dan meningkat wawasannya, Jangka menengah dan panjang yaitu perbaikan taraf hidup masyarakat.

Langkah2 pembanguna kawasan pertanian= Penguasaan data informasi dan keterlibatan masyarakat, Membuat master plan pembanguna sebagai dasar mentusun RKP dan DIPA, Melakukan monitoring dan evaluasi untuk mengukur pencapaian.

Keberhasilan progran pembanguna pertanian daerah
Ditentukan oleh = adanya kesamaan visi: pemerintah, pelaku usaha, petani, peternak, penyuluh, dan stake holder lainnya.
-sosialisasi yamg matang strategi menggerakan, momentum yang tepat, siapa yang menggerakan.
-Peran vital penyuluh dan kegiaatn penyuluhan.
-Pilihan program= manfaat langsung ke masyarakat dan massal.

PENDAPATAN NASIONAL, PERTUMBUHAN DAN STRUKTUR EKONOMI

Metode perhitungan pertumbuhan rill

Metode revaluasi= menilai faktor produksi masing2 tahun dengan manggunakan harga tahun tertentu yang dijadikan tahun dasar.

Metode ekstrapolasi= memperbaharui nilai tahundasar sesuai dengan indeks produksi atau tingkat pertumbuhan rill dari tahun sebelumnya.

Metode deflasi= membagi nilai masing2 tahun dengan harga relatif yang sesuai

Metode perhitungan nilai tambah
Nilai tambah adalah selisih nilai akhir (harga Jual) suatu produk dengan nilai bahan bakunya. Nilai berdasarkan harga tahun berlaku dan nilai tambah berdasarkan harga konstan.

1.metode deflasi ganda
2. m ekstrapolasi langsung
3.m deflasi langsung
4.metode deflasi komponen pendapatan.

NERACA PEMBAYARAN INVESTASI ASING DAN UTANG LUAR NEGERI

Indikator2 fundamental ekonomi= -balance of payment, -pendapatan perkapita, -tingkat inflasi, -tingkat suku bunga, -nilai tukar mata uang domestik.

Balance of payment/neraca payment merupakan catatan sistematis dari semua transaksi ekonomi internasional yang terjasi antara penduduk dalam negeri suatu negara dan penduduk luar negeri selama jangka waktu tertentu yang biasanya dinyatakan dalam dolar AS.

Kebutuhan dan pentingnya modal asing= -Investasi, -Membiayai defisit transaksi berjalan, -Menutupi kekurang cadangan devisa.

Resiko Negara= - resiko politik, -Renzim ekonomi, -kondlik sosial

INDUSTRIALISASI DAN PERKEMBANGAN SEKTOR INDUSTRI

Kelemahan-kelemahan structural= 1.Basis ekspor dan pasar yang sempit 2.ketergantungan pada impor sangat tinggi 3.Tidak adanya/kurangnya industri berteknoligi menengah.

Kelemahan2 organisasi=
1.Industri kecil dan menengah masih underdeveloved.
2.konsentrasi pasar. Pangsa output oleh 4 perusahaan besar mencapai 75%.
3.Lemahnya kapasitas untuk menyerap dan mengembangkan teknologi. Memusatkan lobi disbanding teknologi/daya saing untuk membangun relasi dangang.
4.Lemahnya SDM.

STRATEGI PEMBANGUNAN SEKTOR INDUSTRI
Strategi subtitusi impor = -SDA dan faktor lain, -permintaan pasar dalam negeri, -growth pole industri dalam negeri, -kesempaatn kerja, -Menghemat devisa dan ketergantungan dari luar negeri. Yang tahapanya yaitu Membangun industri barang2 konsumsi, Mengembangkan industri hulu.

Strategi promosi ekspor, syarat efektif yaitu @ada signal harga yang jelas pada pasar, @Proteksi impor rendah @Nilai tukar mata uang yang realistis @insentif yang mantap dalam peningkatan ekspor.

ERA GLOBALISASI

Opsi positif globalisasi= -efesiensi teknis & ekonomis, Peningkaatn standar kualitas, -Inovasi teknik, -perluasan sumber finansial, -sinergi pengembangan SDM,dll.

Fakta kesiapan= masyarakat dipelosok ignorant, ketidakjelasan agenda dan kordinasi elit, -Profesionalisme negosiator rendah, -Ancaman biaya sosial ekonomi politik yang besar, -jika kebabalsanterjajah oleh kekuatan neoliberal.

OTDA
Kesenjangan regional pusat

Download Selengkapnya Rangkuman Di Atas

Tidak ada komentar:

Selamat Datang Di Buabuazone Nusantara | Agama Islam Terbaru : Ekonomi Syariah, Segera : Tentang Agama Islam Lainnya | Bisnis Dan Internet Terbaru : Bisnis Minyak Nilam, Segera : Tutorial Bisnis Online Lainnya | Budaya Terbaru : Budaya Jawa, Segera : Budaya Papua | Ekonomi Dan Politik Terbaru : Penjelasan Tentang Inflasi, Deflasi, Dan Bank, Segera : Perkembangan Perekonomian Indonesia | Militer Terbaru : Tentara Nasional Indonesia, Segera : Armada Perang Tentara Nasional Indonesia | Musik Terbaru : Lagu-Lagu Anti Komersil Dan Lagu-Lagu Rock Festival Indonesia, Segera : Penyanyi-Penyanyi Legenda Indonesia | Olahraga Terbaru : Liputan Seputar Piala Dunia 2010, Segera : Berita Terbaru Dan Hasil Pertandingan Terbaru Piala Dunia 2010 | Pendidikan Dan Pengetahuan Terbaru : Tarsius, Primata Terkecil Di Dunia, Segera : Informasi Tentang Ilmu Pengetahuan Lainnya | Sastra Terbaru : Kisah Si Malin Kundang, Segera : Cerita-Cerita Rakyat Lainnya | Wisata Terbaru : 10 Monumen Yang Paling Menakjubkan Di Dunia , Segera : Kota-Kota Tujuan Wisata Indonesia | Selamat Membaca Dan Tataplah Dunia Bersama Buabuazone Nusantara...^_^
 
© Copyright by Buabuazone Nusantara  |  Template by http://blogtemplate4u.com/