Rabu, 03 Desember 2008

Rangkuman Beberapa Pokok Bahasan Manajemen Pemasaran Lanjutan

Branding
Adlah nama, istilah, tanda, symbol/lambing/logo, desain, warna, gerak, atau kombinasi atribut2 produk lainnya yg dhaarpkan dapat membedakan identitas dan difernsiasi yg membadakan dngan produk pesaing.

Brand= sesuatu yg d beli konsumen, unik sukar djiplak, dapat bertahan lama. Produk= sesuatu yg dhasilkan pabrik, mudah dtiru pesaing, mudah usang.

Manfaat bg pembeli= menceritakan mutu, mmbantu membari perhatian trhadap produk2 baru yg mungkin bermanfaat bg mereka. Manfaat bg perusahaan= memudahkan penjuak mengolah pesanan dan menelusuri masalah2 yg timbul, memberikan perlindungan hokum atas keistimewaan atatu cirri khas produk, memungkinkan untuk menarik sekelompok pembali yg setia dan menguntunkan, membantu penjual melakukan segmentasi pasar.

Tujuan= 1. identitas perusahaan yg membedakannya dengan produk pesaing. 2. sebagai alat promosi dan menonjolkan daya tarik produk. 3. membina citra (keyakinan, jaminan kualitas, serta citra prestise). 4. mengendalikan dan mendominasi pasar.

Makna brand= atribut, manfaat, nilai2, budaya, kepribadian, pemakai.

Syarat brand= khas/unik, menggambarkan manfaat produk dan pemakai, menggambarkan kualitas, mudah d ucapkan dan d ingat, tdak mengandung arti buruk d negara dan bahasa lain, adaptable denga produk2 baru.

Elemen2 branding= image=menandakan reputasi dari suatu merk, identitas=menunjukan latar bel;akang dan merk, intregritas=mengarah pd kepercayaan kualitas.

Strategi posisi secara umum dterapakn untuk mengumunikasikan suatu citra merk dan membedakan merk dari komperitor, tetapi posisi memberikan sedikit panduan dalam mengelola dan memelihara suatu ctra yg konsisten dari waktu k waktu.

Mengelola saluran pemasaran
Saluran2 hendaknya d pilih berdasarkan efesiensi, kemampuan untuk d kendalikan dan kemampuanya untuk d adaptasikan.
Saluran pemasaran= serangkaian organisasi yg saling tergantung yg terlibat dalam proses untuk menjadikan produk atau jasa siap untuk d gunakan atau d konsumsi.
Perusahaan menggunakan perantara apabila= kekuranga sumber daya finansial untuk melakukan pemasaran langsung, pemasaran langsung memang tdk layak, memperoleh pengahasilan yang lebih besar dengan menigkatkan investasi mereka pada bisinis utama.
Sal menghsilkan 5 output jasa= ukuran lot, waktu tunggu, kenyaman tempat, variasi produk, pelayanan pendukung.

Strategi distribusi
Adalh jaringan organisasi yang melakukan fungsi2 yg menghubungkan produsen dengan pengguna akhir. Saluran distribusi tediri dari berbagai lembaga atau badan yg saling tergantung dan saling berhubungan yang salin g berfungsi sebagai suatu system atau jarinan, yang bersama2 berusaha menghasilkan dan mendistribusiakn sebuah produk kepada pengguna akhir.
Fungsi distribusi=
1. kegiatan membeli dan menjual oleh perantara pemasaran mengurangi banyaknay transaksi bagi produsen dan pengguna akhir.
2. perakitan produk kedalam persediaan membantu memenuhi waktu pembelian berbagai prefensi pembeli.
3. tranportasi menghilangkan jarak d antara pembeli dan penjual.
4. pembayaran mempermudah fungsi pertukaran.
5. pemrosesan dan penyimpanan barang menyangkut pemecahan jumlah yg besar menjadi pesanan2 individual, sambil tetap menjaga persediaan, dan mengumpulkan pesanan untuk dkirimkan.
6. oeriklanan dan promosi penjualan mengumunikasikan ketersediaan, tempat, dan ciri2 rpoduk. 7. penetapan harga menetapkan basis [ertukaran d antara penjual dan pembeli.
8. pengurangn risiko dilakukan melalui mekanisme sperti asuransi, kebijan retur, kemungkinan terjual d masa depan.
9. komunikasi anatra pembeli dan penjual mencakup kontak penjualan langsung pesanan, pesanan tertulis dan konfirmasi, dan arus informasi.
Strategi distribusi.

Saluran konvensional= suatu kelompok organisasi2 independen yang d hubungkan secara vertical, setiap organisasi berusaha untuk menaa organisasi nya sendiri, denagn sedikit perhaitan pada kinerja deseluruhan saluran.

System pemasaran vertical= jaringan yang d kelola secara professional dan terpusat yang d maksudkan untk mencapai penghematan dal;am operasi dan hasil pasar secara maksimum. Mendominasi sector eceran dan merupakan faktor2 yg signifikan d dalam bisnis dan sektor2 produk dan jasa industri.

Produk dan strategi promosi
Mengembangkan strategi produk= menetapka rioritas, strategi untuk produk yang ada, modifiklasi untuk bauran produk.

Strategi pemberian merk= membedakan suatu produk dari produk2 pesaing. Sebuah identitas merk yang kuat menciptakan suatu keunggulan bersaing utama.
Strategi promosi= menggabunkan periklanan, penualan perorangan, promosi penjualan dan publisitas menjadi suatu program terpadu untuk berkomunikasi dengan para pembeli dan orang lain yang mempengaruhi keputusan pembeli.

Komponen s.promosi= iklan, penjualan langsung, publisitas.
Pengembangan strategi promosi= mencakup penetuan: tujuan komunikasi, peranan komponen2 pembentuk bauran promosi, angaran promosi, dan stratesi setiapponen bauran..
Strategi promosi= tujuan komunikasi, pengenalan kebutuhan, pengumpulan informasi, evaluasi alternative, keputusan membeli, kegunaan produk.

Strategi penetapan harga
Peranya meliputi= menetukan bagaimana sebaiknay menetapkan darga produk baru, mengevaluasi kebutuhan untuk menyesuaikan harga, menguabh strategi penetuan posisi yang mensyaratkan modifikasi terhadap strategi harga yang sekarang, menanggapi tekanan2 dan perang haraga dan ancaman2 pesaing.

Manfaat strategi penentuan harga= isyarat bagi pembeli, insrumen bagi pesaing, mempernaiki kinerja keuangan, pertimangan bauran pemasaran.

Tujuan penetapan haraga= mendapatkan posisi pasar, mencapai kinerja perusahaan, penetuan posisi pasar, merangsang permintaan, mempengaruhi permintaan. pemilihan strategi penetapan harga=
1. menentukan flexibilitas harga.
2. memutuskan bagaimana memposisikan harga d kaitkan dengan biaya dan apakah hal itu
3. dapat d gunakan sebagai dasar untuk menentukan harga.
4. memilih strategi bersaing dan penetuan posisi.

Download Selengkapnya Rangkuman Di Atas

1 komentar:

dewitri mengatakan...

mas ijin copi di blog dewiramli.blogspot.com ya...trmksh

Selamat Datang Di Buabuazone Nusantara | Agama Islam Terbaru : Ekonomi Syariah, Segera : Tentang Agama Islam Lainnya | Bisnis Dan Internet Terbaru : Bisnis Minyak Nilam, Segera : Tutorial Bisnis Online Lainnya | Budaya Terbaru : Budaya Jawa, Segera : Budaya Papua | Ekonomi Dan Politik Terbaru : Penjelasan Tentang Inflasi, Deflasi, Dan Bank, Segera : Perkembangan Perekonomian Indonesia | Militer Terbaru : Tentara Nasional Indonesia, Segera : Armada Perang Tentara Nasional Indonesia | Musik Terbaru : Lagu-Lagu Anti Komersil Dan Lagu-Lagu Rock Festival Indonesia, Segera : Penyanyi-Penyanyi Legenda Indonesia | Olahraga Terbaru : Liputan Seputar Piala Dunia 2010, Segera : Berita Terbaru Dan Hasil Pertandingan Terbaru Piala Dunia 2010 | Pendidikan Dan Pengetahuan Terbaru : Tarsius, Primata Terkecil Di Dunia, Segera : Informasi Tentang Ilmu Pengetahuan Lainnya | Sastra Terbaru : Kisah Si Malin Kundang, Segera : Cerita-Cerita Rakyat Lainnya | Wisata Terbaru : 10 Monumen Yang Paling Menakjubkan Di Dunia , Segera : Kota-Kota Tujuan Wisata Indonesia | Selamat Membaca Dan Tataplah Dunia Bersama Buabuazone Nusantara...^_^
 
© Copyright by Buabuazone Nusantara  |  Template by http://blogtemplate4u.com/