Minggu, 04 Oktober 2009

Chris John v.s Rocky Juarez Berhasil Pertahankan Gelar Juaranya Yang Ke-12 Kali

Belajar dari pertemuan pertama, kali ini Chris John optimistis bisa menang, apalagi dia sudah mempersiapkan diri dengan baik selama enam pekan berada di Summit Gym, yang terletak di tepi Danau Big Bear, Los Angeles, California, AS.

Golden Boy Promotion yang berada di belakang kubu Chris John merancang pertarungan ulang yang akan berlangsung di MGM Grand Arena, Las Vegas, Nevada, AS, pada akhir pekan ini. Jadilah Chris John punya kesempatan untuk menuntaskan kepenasaran dirinya serta para pencinta tinju di negeri ini.

“Persiapan saya yang lebih dari enam minggu menunjukkan bahwa saya serius menghadapi laga ini. Semoga periode panjang adaptasi bisa mendukung penampilan saya nanti,” ungkap Chris John kepada Bola.

“Saya juga sudah banyak belajar dari pertandingan pertama, terutama bagaimana mengatasi gaya bertarung rapatnya. Kita akan buktikan nanti,” tambah petinju dengan julukan “The Dragon” tersebut.

Memang, Juarez yang memiliki rekor 28-4-1 (20 KO) sangat gemar bermain rapat sehingga bisa melepaskan pukulannya yang sangat keras itu. Karenanya, Chris John harus mewaspadainya jika tak ingin menjadi “santapan” dari petinju tuan rumah tersebut.

Namun, kubu Chris John sudah punya “resep” untuk meredam kebrutalan Juarez. Manajer sekaligus pelatihnya, Craih Christian, mengatakan bahwa dia sudah mempersiapkan strategi jitu sehingga Juarez takkan mudah memasukkan pukulannya.

Yang pasti, Chris John akan belajar dari cara Marco Antonio Barrera, yang dua kali mengalahkan Juarez dengan cara yang sederhana, yaitu cepat berkelit sambil melontarkan pukulan kombinasi cepat ke kepala lawan atau memaksa clinch ketika Juarez merapat. Sebab, jarak rapat membuat Juarez akan sangat berbahaya karena dia terus melepaskan pukulan-pukulan hook yang keras dan mematikan.

Namun di satu sisi, ambisi Juarez juga pasti sangat besar untuk merebut gelar Chris John, yang sudah disandang sejak mengalahkan Oscar Leon pada 2003 di Bali. Selain bertarung di rumah sendiri, peraih medali perak Olimpiade Sydney 2000 ini juga bertekad mengakhiri kutukan tanpa gelarnya.

Ya, Juarez, yang memiliki reputasi bagus selama di amatir, sudah empat kali menantang juara dunia dan semuanya berakhir dengan kegagalan. Jadi, tak heran jika semangat untuk mengalahkan Chris John menjadi berlipat ganda.

“Saya ingin menebus kegagalan di Houston (pertemuan pertama). Kali ini saya akan lebih gencar menyerang. Chris John memang petinju bagus, tetapi saya tidak akan berhenti berusaha untuk mengalahkannya,” ungkap petinju berusia 29 tahun tersebut.

Untuk mewujudkan ambisinya tersebut, Juarez mendapat porsi latihan yang lebih. Pelatihnya, Ronny Shields, juga memberikan menu latihan yang berbeda, setelah mendapat pelajaran dari pertemuan pertama.

Meskipun sempat sempoyongan, Chris John berhasil mempertahankan gelar juara kelas bulu WBA setelah menang angka atas Rocky Juarez. Dalam pertarungan yang berlangsung di MGM Grand Arena, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Sabtu (19/9) atau Minggu pagi WIB, tiga hakim memberikan angka 114-113 116-116 117-111 untuk “The Dragon”.

Dengan demikian, Chris John untuk ke-12 kalinya mampu mengamankan gelarnya dari ancaman lawan, sejak dia merebutnya dari petinju Kolombia, Oscar Leon, di Bali pada 2003. Sementara bagi Juarez, kegagalan ini semakin melengkapi “kutukan”-nya sebagai petinju yang tidak pernah juara karena dari lima kali percobaannya, dia selalu gagal.

Sebelumnya, kedua petinju ini juga pernah bertemu pada 28 Februari lalu di Houston, Texas, AS. Namun, duel itu berakhir imbang karena ketiga hakim memberikan poin yang sama, 114-114. Karena itu, Golden Boy Promotion yang berada di belakang kubu Chris John merancang pertarungan ulang ini.

Meskipun tampil dengan minim dukungan karena tempat pertarungan dipadati penonton tuan rumah, Chris John tampak tenang. Dia tampil sangat hati-hati dan berusaha agar Juarez tak bisa melepaskan hook-nya yang keras. Taktik ini cukup berhasil karena meskipun agresif, Juarez tak mampu memasukkan pukulannya dengan telak. Pasalnya, ketika mendekat Chris John langsung melakukan clinch.

Di ronde kedua, Chris John berusaha mendikte lawan. Dia menjaga jarak sehingga bisa melepaskan jab dan straight. Sementara itu, Juarez kesulitan memperoleh jarak pukul yang ideal.

Merasa kesulitan di dua ronde awal, Juarez langsung mengambil inisiatif menyerang ketika bel ronde ketiga berbunyi. Namun, hal tersebut tak membuat Chris John terpengaruh. “The Dragon” tetap konsisten dengan taktik dan strategi bermain jarak jauh sehingga dia justru memperoleh keuntungan karena menjelang akhir ronde ini, Chris John mampu melepaskan hook kanan yang mendarat telak di wajah Juarez.

Seperti pada ronde-ronde sebelumnya, Chris John tetap memanfaatkan keunggulan jangkauan. Jab dan straight-nya kerab menghujam wajah Juarez meskipun lawan yang mendapat dukungan suporter juga bisa melepaskan hook yang cukup telak mendarat di wajahnya.

Pada ronde 10, sebuah jab Juarez ke rahang sempat membuat kepala Chris John goyang, tetapi situasi ini tak terlalu mengkhawatirkan karena Chris John masih bisa mengatasi keadaan. Sebelum Juarez melancarkan serangan lanjutan, Chris John lebih dulu melakukan clinch.

Namun, di dua ronde terakhir, Juarez yang merasa kehilangan banyak angka berusaha bangkit. Agresivitasnya membuat Chris John yang sudah kehabisan stamina sangat kesulitan untuk menghindar. Terpaksa, clinch tetap menjadi satu-satunya senjata ampuh.

Puncaknya terjadi pada ronde ke-12 karena Chris John sempoyongan ketika mendapat sebuah upper-cut dari Juarez. Beruntung, “The Dragon” bisa mengatasi keadaan karena dengan tenaga tersisa dia bertahan sampai bel tanda pertarungan usai berbunyi. Chris John pun selamat dari serangan Juarez, dan dia dinyatakan menang angka dalam duel melelahkan sepanjang 12 ronde tersebut.

Dengan kemenangan ini, Chris John menambah rekor bertarungnya menjadi 45-43-2 (22 KO). Sementara itu, rekor Juarez yang merupakan peraih medali perak Olimpiade Sydney 2000 menjadi 29-5-1 (20 KO). kompas.com

Tidak ada komentar:

Selamat Datang Di Buabuazone Nusantara | Agama Islam Terbaru : Ekonomi Syariah, Segera : Tentang Agama Islam Lainnya | Bisnis Dan Internet Terbaru : Bisnis Minyak Nilam, Segera : Tutorial Bisnis Online Lainnya | Budaya Terbaru : Budaya Jawa, Segera : Budaya Papua | Ekonomi Dan Politik Terbaru : Penjelasan Tentang Inflasi, Deflasi, Dan Bank, Segera : Perkembangan Perekonomian Indonesia | Militer Terbaru : Tentara Nasional Indonesia, Segera : Armada Perang Tentara Nasional Indonesia | Musik Terbaru : Lagu-Lagu Anti Komersil Dan Lagu-Lagu Rock Festival Indonesia, Segera : Penyanyi-Penyanyi Legenda Indonesia | Olahraga Terbaru : Liputan Seputar Piala Dunia 2010, Segera : Berita Terbaru Dan Hasil Pertandingan Terbaru Piala Dunia 2010 | Pendidikan Dan Pengetahuan Terbaru : Tarsius, Primata Terkecil Di Dunia, Segera : Informasi Tentang Ilmu Pengetahuan Lainnya | Sastra Terbaru : Kisah Si Malin Kundang, Segera : Cerita-Cerita Rakyat Lainnya | Wisata Terbaru : 10 Monumen Yang Paling Menakjubkan Di Dunia , Segera : Kota-Kota Tujuan Wisata Indonesia | Selamat Membaca Dan Tataplah Dunia Bersama Buabuazone Nusantara...^_^
 
© Copyright by Buabuazone Nusantara  |  Template by http://blogtemplate4u.com/