Senin, 29 Juni 2009

Rangkuman Beberapa Pokok Bahasan Sistem Informasi Manajemen

SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA

  1. Bagaimana cara mengetahui pegawai atau sales dapat mencapai target yang diinginkan dengan penggunaan system informasi sumber daya manusia ?

Database dari system informasi akuntansi yang menyimpan data –data gaji, tunjangan, intensif dari pegawai atau sales melaporkan kebagian SDM dan kemudian melaporkan ke SIA kemudian berdasarkan penjualan yang dapat dicapai oleh sales tersebut, SIA dapat memberikan keputusan untuk memberi intensif atau tidak yang berhubungan dengan SDM. Contohnya adalah seorang sales dalam Bulan Januari dapat menjual barang sejumlah 150 unit. Sedangkan target penjualan perusahaan untuk setiap salesman adalah 100 unit barang perbulannya. Setiap transaksi yang terjadi akan langsung dicatat oleh SIA. Dengan menggunakan data yang di output oleh SIA manajer pemasaran dapat mengetahui target penjualan yang di capai oleh masing-masing sales, sehingga apabila ada salesman yang mencapai lebih dari target penjualan, maka manajer pemasaran dapat memberikan insentif kepada salesman tersebut.

  1. Apa keuntungan dan kerugian dari system informasi sumber daya manusia ?

Keuntungannya adalah :

  1. Manajer dapat mengetahui karyawan mana yang memiliki prestasi tinggi dalam bekerja.

  2. Menyediakan database untuk melakukan pelatihan bagi karyawan yang diperlukan.

  3. Mengetahui divisi mana yang kekurangan karyawan dan manajer dapat melakukan tindakan untuk mengisi kekosongan tersebut.

Kerugiannya adalah :

  1. Perlu biaya untuk membeli lisence software HRIS dari perusahaan penyedia.

  2. Perlu karyawan yang memiliki kemampuan untuk mengoperasikan program software tersebut.

  3. Dalam intelejen masyarakat global. Perusahaan harus menyediakan sumber daya lokal seperti perumahan, pendidikan dan rekreasi.

Subtensi intelejen SDM digunakan untuk mengumpulkan data dari lingkungan perusahaan dari data tersebut digunakan untuk menunjang kegiatan-kegiatan utama SDM meliputi:

- manajemen data : berhubungan dengan perusahaan (lingkungan eksternal) ex: perusahaan mencari tenaga kerja. Untuk berbagai fasilitas yang harus disediakan oleh perusahaan (perumahan, pendidikan dan rekreasi). Contohnya adalah perusahaan kelapa sawit yang membuka lahan sawit baru di daerah terpencil. Pendirian asrama bagi karyawan dilakukan agar karya wan yang berasal dari tempat yang jauh dapat memiliki tempat tinggal. Rekreasi maksudnya adalah memberikan fasilitas hiburan seperti membuat tempat arena badminton, tenis agar para karyawan tidak merasa jenuh. Pendidikan adalah kegiatan pelatihan yang dilakukan perusahaan kepada karyawan untuk pengembangan bidang sumber daya manusia, bisa juga dengan membagun sekolah-sekolah swasta disekitar lokasi perusahaan berada seperti perusahaan timah di daerah Bangka Belitung.

  1. Contoh penerapan dari Human Resources Information Sistem ?

Sebuah perusahaan melakukan perencanaan tenaga kerja untuk mengisi berbagai posisi yang kosong. Kemudian dilakukan perekrutan tenaga kerja sesuai denga kriteria yang diinginkan. Pada tahap berikutnya dilakukan seleksi karyawan dan tahap selanjutnya adalah orientasi dan pelatihan kepada karyawan. Yang mana setiap tahap-tahap dari SDM ini setiap tahapnya di masukkan ke database HRIS agar dijadikan informasi yang berharga bagi perusahaan.

  1. Jelaskan intelijen masyarakat keuangan dalam Human Resources Information Sistem dan contohnya ?

Bagi sebuah perusahaan yang mengekspansi bisnisnya. Perusahaan dapat mencari informasi dari lingkungan sekitar dari segi aspek keuangan. Contohnya, apakah daya beli masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan dapat menunjang penjualan dari produk yan dtawarkan oleh perusahaan. Contoh lainnya adalah apakah dari lingkungan sekitar perusahaan dapat diketahui adanya lembaga-lembaga keuangan penunjangan apabila perusahaan memerlukan kucuran dana (kredit), sehingga roda operasi perusahaan tetap berjalan.

  1. Jelaskan para eksekutif menilai Human Resources Information Sistem lebih rendah dari bagian fungsional lainnya ?

Bagi eksekutif mereka berfikir bahwa fungsional SDM sudah cukup mewakili pengetahuan mereka tentang tenaga kerja dan tidak perlu lagi memakai HRIS. Tapi peraturan pemerintah menetapkan bahwa perusahaan harus mewakili HRIS untuk mengetahui jumlah tenaga kerja yang sudah bekerja, yang belum bekerja, dan lain-lain. Sebagian eksekutif menilai divisi lain seperti operasional dan pemasaran dianggap lebih penting karena lebih terkait terhadap inovasi produk karena adanya anggapan perusahaan akan menjadi besar apabila sebuah produk dapat diterima oleh konsumen dan dapat di ekspansi luas ke berbagai belahan dunia.

VIRTUAL OFFICE

1. Apa contoh perusahaan yagng menerapkan virtual office dan kelebihan virtual office?

Contohnya perusahaannya adalah perusahaan DBS ( duta business school ) dan Universitas Lambung Mangkurat.

Kelebihan dari virtual office adalah efisiensi dan efisiensi biaya. Contohnya adalah seorang karyawan tidak perlu lagi datang ke kantor untuk bekerja cukup dengan membuka situs pribadi perusahaan mereka dapat langsung bekerja, inilah yang membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dan efektif.

2. Telekomunikasi ada tiga, yaitu audio, video, dan computer. Menurut anda apakah daya tarik dari masing-masing ke tiga alat komunikasi tersebut?

Daya tarik konferensi audio. Konferensi audio dapat menarik perhatian para pemecah masalah karena alas an-alasan berikut :

  • Biaya peralatan yang diperlukan untuk konferensi audio berada dalam jangkauan hampir semua perusahaan

  • Orang-orang merasa santai berbicara di telepon

  • Konferensi audio dapat disiapkan dalam beberapa menit.

Daya tarik konferensi video.

  • Penggunaan televisi sebagai alat penghubung para peserta konferensi yang tersebar secara geografis.

  • Peralatan ini menyediakan hubungan audio dan video.

  • Tidak memerlukan komputer

  • Memungkinkan lebih banyak manajer yang terlibat dalam pengambilan keputusan.

Daya tarik konferensi komputer. Konferensi komputer dapat menarik perhatian para karena dapat digunakan dalam satu tempat geografis. Karena seseorang dapat menggunakan konferensi untuk berkomunikasi dengan orang lain di ruang kerja sebelah.

  • Terdiri dari sejumlah besar peserta.

  • penggunaan jaringan komputer memungkinkan adanya pertukaran data / informasi.

  • Dapat digunakan dalam satu tempat geografis yang berbeda dengan audio dan video.

3. Hal apa yang mempengaruhi seorang manajer tertarik menggunakan otomatisasi kantor ?

Karena virtual office dapat digunakan sebagai alat pemecah masalah, melakukan komunikasi lebih baik dalam pemecahan masalah, dan dapat membuat keputusan yang lebih baik

4. Faktor-faktor apa yang mempengaruhi pemilihan aplikasi virtual office bagi seorang manajer ?

  1. Jenis organisasi

Manajer di perusahaan dengan satu lokasi tidak akan mempertimbangkan konferensi audio dan video. Kecuali jka perusahaan berlokasi tungal itu terlibat dengan perusahaan lain pada suatu proyek dengan menggunakan EDI. Jika, demikian, kesebelas aplikasi OA dapat digunakan.

2. Pilihan pribadi

Manajer yang memiliki komunikasi tatap muka tertarik pada konferensi video dan memanfaatkan kalender elektronik. Mereka yang menyukai catatan tertulis menggunakan pengolah dat, dan mereka yang banyak menghabiskan waktu di telepon merupakan prospek terbaik untuk surat elektronik atau voice mail.

5. Apakah risiko, masalah dan kendala dalam kantor maya dan mengatasinya ?

Akibatnya akan membuat semangat kerja yang rendah maksudnya loyalitas dari karyawan tidak ada (sangat kecil) karena pertemua karyawan dengan pihak lain sangat kurang, untuk solusinya diadakan pertemuan karyawan dengan pemilik dalam waktu seminggu sekali. Kemudian karyawan akan kehilangan rasa memiliki terhadap perusahaan. Resiko sistem yang akan dimasuki oleh pihak luar untuk mencuri data dari perusahaan kita, solusinya adalah dengan menggunakan sistem keamanan yang canggih.

6. Apakah di Indonesia sudah memiliki kantor virtual ?

Hampir sebagian besar perusahaan memiliki kantor virtual. Sebab sudah banyak perusahaan menggunakan sistem informasi elektronik dan otomatisasi kantor, seperti :

  • Komunikasi elektronik : email

  • Kolaborasi : teleconference

  • Sistem publikasi dan pengolahan

  • Sistem pengolahan kantor : desktop publishing


ERP

  1. Keuntungan perusahaan bila menerapkan ERP ?

Keuntungan penerapan ERP antara lain :

  • Integrasi data keuangan, untuk mengitegrasikan data keuangan sehingga top manajemen bisa melihat dan mengontrol kinerja keuangan perusahaan dengan lebih baik.

  • Standarisasi proses operasi, menstandarkan proses operasi melalui implementasi best practice sehingga peningkatan produktivitas, penurunan inefesiensi dan peningkatan kualitas produk.

  • Standarisasi data dan informasi, menstandarkan data dan informasi melalui keragaman pelaporan, terutama untuk perusahaan besar yang biasanya terdiri dari banyak bisnis unit dengan jumlah dan jenis bisnis yang berbeda-beda.

Keuntungan yang dapat diukur dalam penerapan ERP :

  • Penurunan inventory

  • Penurunan tenaga kerja secara total

  • Peningkatan service level

  • Peningkatan control keuangan

  • Penurunan waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan informasi.

  1. Bagaimana penerapan ERP dalam perusahaan dan data seperti apa yang digunakan dalam ERP ?

ERP merupakan bagian dari insfrastruktur perusahaan, dan sangat penting untuk kelangsungan hidup perusahaan. Semua orang dan bagian yang akan terpengaruh oleh adanya ERP harus terlibat dan memberikan dukungan.

ERP ada untuk mendukung fungsi bisnis dan meningkatkan produktivitas, bukan sebaliknya. Tujuan implementasi ERP adalah untuk meningkatkan daya saing perusahaan.

  1. Mengapa sistem informasi untuk area bisnis dan eksekutif terpisah dari ERP ?

ERP merupakan suatu informasi yang menginput data dan menghasilkan data. Sedangkan

Pihak eksekutif mengambil keputusan dari suatu informasi yang dihasilkan ERP.

Jadi ERP membantu pihak manajer dalam pengambilan suatu keputusan.

  1. Apa maksud dari spionase industry dan bagaimana contoh realnya ?

Spionase industry adalah proses memata-matai perusahaan pesaing untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan oleh perusahaan.

Dalam dunia persaingan industry intelejen pemasaran dibutuhkan untuk mengetahui apa saja kelemahan dan kekurangan pesaing perusahaan.

Adapun tugas-tugas intelejen antara lain :

  • Mengumpulkan data, mendapatkan data primer atau skunder.

  • Mengevaluasi data, data primer maupun sekunder tersebut harus diperiksa untuk mamastikan akurasinya.

  • Menganalisis data, bagaimana memeriksa data dari berbagai segi dan mencari polanya.

  • Menyimpan intelejen, jika intelejen dibeli dengan bentuk mesin readable memasukan kedalam computer bukan masalah, namun jika intelejen dalam bentuk tercetak, data itu harus dimasukkan dengan OCR.

  • Menyebarkan intelejen, setelah dalam penyimpanan sekunder, teks dokumen atau ringkasannya diambil dengan cara sama seperti catatan data apapun.

  1. Bagaimana output yang dihasilkan ERP dan apa kendala-kendala perangkat lunak ERP ?

ERP adalah suatu system yang memungkinkan manajemen atau seluruh sumber daya perusahaan secara keseluruhan.




Contoh Output yang dihasilkan :

Optimasi jam kerja karyawan pada perusahaan untuk perhitungan gaji karyawan sesuai jam kerja karyawan tersebut sehingga manajer dengan mudah dapat melihat tingkat tinggi rendahnya produktivitas kerja karyawan.

Kendala-kendala dalam penerapan perangkat lunak ERP :

  • Perangkat lunak ERP yang sangat mahal, perusahaan harus membayar mahal untuk ERP dan konsultan, pelatihan terhadap karyawan perusahaan.

  • Keterbatasan sumber daya manusia dalam penerapan perangkat lunak ERP tersebut.

  • Kurangnya training dan pembelajaran SDM.

  • Cacatnya proses seleksi software.

  1. Jelaskan maksud dari “proses yang dapat menurun jika standarisasi dipaksakan ?

Proses yang dapat menurun jika standarisasi dipaksakan maksudnya adalah ketika perusahaan menetapkan atau memilih suatu teknologi untuk suatu standarisasi dalam kegiatannya, akan tetapi karyawan-karyawan dalam perusahaan tidak ada yang mempunyai keahlian dalam memakai teknologi tersebut. Sehingga kinerja perusahaan dapat menurun karena hambatan tersebut.

Berkaitan dengan pemilihan teknologi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

  • Kesesuaian terhadap jenis pekerjaan yang kita lakukan.

  • Keberhasilan dalam pemakaian teknologi terdahulu.

  • Kemampuan tenaga kerja dalam pengoperasian teknologi.

  • Kemampuan antisipasi terhadap teknologi lanjutan

  1. Apakah informasi umpan balik itu? Jelaskan!

Informasi umpan balik adalah suatu perusahaan manufaktur yang ingin mengetahui sutu produknya diterima/tidak dalam suatu pasar, sehingga perusahaan menggunakan kerjasama dengan pengecer untuk mempermudah mengetahui informasi atau respon terhadap konsumen


SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

  1. Jelaskan para eksekutif menilai Human Resources Information Sistem lebih rendah dari bagian fungsional lainnya ?

Bagi eksekutif mereka berfikir bahwa fungsional SDM sudah cukup mewakili pengetahuan mereka tentang tenaga kerja dan tidak perlu lagi memakai HRIS. Tapi peraturan pemerintah menetapkan bahwa perusahaan harus mewakili HRIS untuk mengetahui jumlah tenaga kerja yang sudah bekerja, yang belum bekerja, dan lain-lain. Sebagian eksekutif menilai divisi lain seperti operasional dan pemasaran dianggap lebih penting karena lebih terkait terhadap inovasi produk karena adanya anggapan perusahaan akan menjadi besar apabila sebuah produk dapat diterima oleh konsumen dan dapat di ekspansi luas ke berbagai belahan dunia.

  1. Apabila perusahaan memakai sales dengan target, bagaimana cara mengetahui pencapaian target tersebut?

Tiap perusahaan memiliki system untuk mengumpulkan dan memelihara data yang menjelaskan sumber daya manusia, mengubah data tersebut menjadi informasi, dan melaporkan informasi itu kepada pemakai. Sistem ini dinamakan sistem manajemen sumber daya manusia (human resource information system) atau HRIS.

Model HRIS meliputi tiga subsistem input :
• SIA (Sistem Informasi Akuntansi).
• Penelitian Sumber Daya Manusia.
• Inteligen Sumber Daya Manusia

Untuk mengetahui apakah karyawan tersebut sudah memenuhi target perusahaan dapat melihat dari database karyawan perusahaan tersebut.

Perusahaan mencari nama karyawan yang bersangkutan kemudian memasukan dalam SIA. data yang digunakan diinput kedalam SIA, kemudian SIA akan mengeluarkan informasi tentang penjualan sales yang bersangkutan.

  1. maksud dari subsistem intelejen masyarakat global

Subsistem intelejen Masyarakat global menyediakan imnformasi yang menjelaskan sumber daya lokal seperti perumahan, pendidikan, dan rekreasi. Informasi ini digunakan untuk merekrut pegawai dalam skala lokal, nasional dan internasional, dan untuk mengintegrasikan pegawai yang ada ke dalam komunitas lokalnya. Subsistem intelejen SDM digunakan untuk mengumpulkan data dimasukan untuk melaksanakan keempat kegiatan utama SDM sebagai manajemen data.

misalnya untuk perekrutan pegawai,perusahaan harus mengetahui tingkat pendidikan si pelamar, begitu juga apabila perusahaan ingin menetapkan gaji pegawai tersebut, perusahaan harus memberikan gaji sesuai. penyediaan perumahan terkait dengan dimana perusahaan itu berada, apabila perusahaan terletak jauh dari pemukiman perusahaan harus menyediakan rumah ataupun asrama bagi pegawainya.

  1. apakah kelebihan dan kekurangan dari HRIS

HRIS (Human Resource Information System) merupakan kebutuhan di semua organisasi baik skala perusahaan kecil, menengah dan besar saat ini. Kebutuhan HRIS biasanya dilihat berdasarkan kompleksitas HR operasional atau business proses yang ada. Ada pilihan bagi perusahaan untuk membangun HR system sendiri atau membeli paket yang sudah siap dipasar. Sebenarnya tidak ada jawaban benar atau salah untuk memilih kedua pilihan tersebut. Saya coba untuk memberi gambaran:

Untuk membangun HRIS sendiri, keuntungannya:

    • Business proses yang dibangun sangat spesifik untuk kebutuhan perusahaan itu sendiri.

    • Investasi awal yang cenderung lebih kecil.

Kekurangan dari membangun HRIS yang kemungkinan akan terjadi:

    • Harus memiliki sumber daya manusia yang mengerti IT lebih banyak, khususnya di bidang Software Development.

    • HRIS yang sudah dibangun biasanya dikuasai oleh pihak atau orang tertentu saja, sehingga perusahaan akan menemui kesulitan jika orang tersebut tidak ada.

    • Lamanya implementasi yang susah untuk prediksi atau diukur.

    • Lebih reaktif untuk memenuhi kebutuhan HR departemen, sehingga pembangunan HR system akan terganggu dengan maintenance system nya.

  1. apakah hambatan dari HRIS

hambatan dalam penggunaan HRIS antara lain :

    • penerapan HRIS yang rumit menyebabkan user sulit menggunakannya, sehingga hanya terdapat beberapa orang yang dapat menguasainya.

    • Hasil HRIS tidak bersifat mutlak

  1. jelaskan maksud dari intelejen masyarakat keuangan, beserta contohnya

Sub sistem intelijen keuangan , yakni sistem yang mengumpulkan data dan informasi dari aspek-aspek lingkungan yang mempengaruhi arus uang, pemegang saham dan pemilik perusahaan, serta pemerintah.

contohnya : apabila sebuah perusahaan X ingin mengekxpansi perusahaan mereka, mereka harus mengetahui informasi tentang kegiatan-kegiatan ekonomi yang ada dikawasan dimana mereka ingin melakukan ekspansi.

  1. kenapa sebagian [erusahaan menganggap HRIS kurang bernilai

Setiap perusahaan besar pastilah memiliki sistem informasi sumber daya manusia (human resource information system) atau HRIS. Walaupun demikian nampaknya manajemen puncak kurang menekankan HRIS.

Namun, peraturan pemerintah yang bertujuan memastikan persamaan dalam praktek personil perusahaan, mendesak manajemen puncak untuk memberikan perhatian yang layak pada HRIS. Menikmati status yang baru, HRIS mulai bermigrasi dari SI ke SDM, dengan memanfaatkan teknologi computer mikro.

perusahaan menganggap penggunaan HRIS tidak penting karena mereka menganggap karyawan sudah cukup tanpa perlu menggunakan software-software tertentu.


SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN

  1. Sebutkan contoh dari masalah terstruktur? Sebutkan contoh dari model matematis?

Contoh dari masalah terstruktur yaitu disebutkan bahwa masalah terstruktur adalah suatu masalah yang memiliki struktur pada tiga tahap pertama Simon, yaitu intelijen, rancangan dan pilihan. Perbedaan struktur masalah antara masalah terstruktur, masalah-terstruktur, dan masalah semi-terstruktur tergantung pada tiap-tiap manajer di perusahaan baik level bawah (pengendalian operasional), menengah (pengendalian manajemen), maupun level atas (pengendalian strategis) dalam tindakan pengambilan keputusan.

Contoh dari model matematis yaitu model matematis dikelompokkan dalam tiga dimensi – model statis atau dinamis, model probabilistik atau deterministik, dan model optimisasi atau suboptimisasi.

  1. Model statis berkaitan dengan suatu situasi pada satu titik waktu tertentu, seperti suatu foto. Sedangkan model dinamis menggambarkan perilaku entitas dari waktu ke waktu, seperti suatu film.

  2. Model probabilitas adalah peluang terjadinya sesuatu yang berkisar dari 0,00 (sesuatu yang sama sekali tidak mungkin) hingga 1,00 (sesuatu yang pasti). Kebalikan dari model probabilitas adalah model deterministik.

  3. Model optimisasi merupakan model yang memilih solusi terbaik dari berbagai alternatif. Sedangkan suboptimisasi memungkinkan manajer memasukkan serangkaian keputusan, dan model akan memproyeksikan hasilnya.

2. Apakah sistem perputaran tertutup dengan sistem tertutup ada hubungannya? Contohnya seperti apa?

Sistem perputaran tertutup dengan sistem tertutup memiliki hubungan karena dilihat dari ruang lingkupnya. Sistem tertutup merupakan suatu sistem yang tidak dihubungkan dengan lingkungan eksternalnya. Dalam contoh misalnya pada manajemen puncak, manajer puncak bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen organisasinya dan mempunyai strategi-strategi untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan yang hanya perlu dibicarakan oleh para petinggi manajer puncaknya saja.

3. Mengapa hanya model matematis yang dapat menyediakan daya prediksi / pandangan masa depan? Mengapa informasi model lain tidak bisa?

Model matematis dapat menyediakan daya prediksi / pandangan dimasa depan, sedangkan model lain tidak bisa karena model matematis ini sangat teliti dalam menggambarkan suatu entitas sehingga membuat model matematis dapat memberikan kemampuan yang tidak dapat disediakan oleh jenis model lain (fisik, naratif, grafik). Model matematis dapat memperkirakan apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi tidak seratus persen akurat. Karena banyak data yang dimasukkan ke dalam model biasanya didasarkan atas berbagai asumsi, manajer harus menggunakan berbagai pertimbangan dan intuisi untuk mengevaluasi model. Keunggulan model matematis ini adalah ketelitiannya dalam menjelaskan hubungan antara berbagai bagian dari suatu objek. Matematis dapat menangani hubungan-hubungan yang berdimensi lebih banyak dibanding model grafik yang hanya dua dimensi atau model fisik yang tiga dimensi.

4. Disebutkan model matematis ada 3, kapan digunakannya dalam DSS? Model matematis tersebut diklasifikasikan pada level tingkatan manajer yang mana saja?

Model matematis dalam DSS digunakan oleh eksekutif perusahaan untuk membuat beberapa keputusan penting. Eksekutif ingin mensimulasikan dampak dari : (1) harga produk, (2) jumlah investasi pabrik yang diperlukan untuk menyediakan kapasitas untuk memproduksi produk tersebut, (3) jumlah yang perlu diinvestasikan dalam kegiatan pemasaran seperti periklanan dan penjualan langsung, serta (4) jumlah yang perlu diinvestasikan dalam litbang (penelitian dan pengembangan). Model matematis ini kebanyakan diklasifikasikan pada manajer tingkat puncak atau pada tingkat perencanaan strategis.

5. Pada saat kapan saja DSS individual digunakan?

DSS individual digunakan pada saat seorang manajer melakukan tindakan dalam pengambilan keputusan. DSS menyediakan informasi pemecahan masalah maupun kemampuan komunikasi dalam memecahkan masalah semi-terstruktur. Informasi dihasilkan dalam bentuk laporan periodik dan khusus, dan output dari model matematika dan sistem pakar. Komunikasi digunakan saat berbagai kelompok manajer terlibat dalam pemecahan masalah. Manajer memecahkan masalah agar perusahaan dapat mencapai tujuannya.

6. Bagaimana DSS membantu manajer dalam memecahkan masalah? Bagaimana DSS membantu manajer menyelesaikan masalah semi-terstruktur tersebut?

DSS membantu manajer dalam memecahkan masalah salah satu contohnya adalah pembuatan model matematis yang telah dianggap sebagai suatu komponen integral. Kemampuan DSS yang lain yang sedang mendapatkan banyak publikasi adalah grafik komputer, tetapi hanya baik pada situasi tertentu saja. DSS ini diterapkan pada semua aplikasi komputer yang didedikasikan untuk dukungan keputusan baik sekarang maupun masa depan. DSS juga membantu manajer menyelesaikan masalah semi-terstruktur dalam hal penekanan pada efektivitas keputusan daripada efisiensi proses pengambilan keputusan.

Download Selengkapnya Rangkuman Di Atas

Tidak ada komentar:

Selamat Datang Di Buabuazone Nusantara | Agama Islam Terbaru : Ekonomi Syariah, Segera : Tentang Agama Islam Lainnya | Bisnis Dan Internet Terbaru : Bisnis Minyak Nilam, Segera : Tutorial Bisnis Online Lainnya | Budaya Terbaru : Budaya Jawa, Segera : Budaya Papua | Ekonomi Dan Politik Terbaru : Penjelasan Tentang Inflasi, Deflasi, Dan Bank, Segera : Perkembangan Perekonomian Indonesia | Militer Terbaru : Tentara Nasional Indonesia, Segera : Armada Perang Tentara Nasional Indonesia | Musik Terbaru : Lagu-Lagu Anti Komersil Dan Lagu-Lagu Rock Festival Indonesia, Segera : Penyanyi-Penyanyi Legenda Indonesia | Olahraga Terbaru : Liputan Seputar Piala Dunia 2010, Segera : Berita Terbaru Dan Hasil Pertandingan Terbaru Piala Dunia 2010 | Pendidikan Dan Pengetahuan Terbaru : Tarsius, Primata Terkecil Di Dunia, Segera : Informasi Tentang Ilmu Pengetahuan Lainnya | Sastra Terbaru : Kisah Si Malin Kundang, Segera : Cerita-Cerita Rakyat Lainnya | Wisata Terbaru : 10 Monumen Yang Paling Menakjubkan Di Dunia , Segera : Kota-Kota Tujuan Wisata Indonesia | Selamat Membaca Dan Tataplah Dunia Bersama Buabuazone Nusantara...^_^
 
© Copyright by Buabuazone Nusantara  |  Template by http://blogtemplate4u.com/