Strategi implementation
Untuk menjamin suksesnya suatu manajemen, strategic, maka harus diwujudkan dalam suatu tindakan implementasi yang cermat, ini berarti:
Strategi harus diwujudkan menjadi pedoman untuk kegiatan sehari-hari para anggota perusahaan.
Strategi dan perusahaan harus menjadi satu, artinya strategi harus tercermin dalam cara perusahaan mengorganisasikan, kegiatannya dan dalam system nilai, keyakinan, dan warna perusahaan.
Dalam mengimplementasikan strategi, para manajemer perusahaan harus mengarahkan dan mengendalijkan kegiatan dan hasil serta menyesuaikan diri dengan perusahaan.
Masalah2 dalam mengimlementasikan strategi menurut survey fortune 5000:
Implementasi berjalan lebih baik lambat dari perencanaan awalnya.
Munculnya masalah2 utama yang tidak terduga.
Kordinasi kegiatan yang tidak efektif.
Perhatian tehadap aktivitas persaingan dan penaganan krisis yang berlebihan sehingga mengaliihkan [perhatian terhadap implementasi yang harus dijalankan.
Kurangnya kemampuan para karyawan yang terlihat dalam implementasi strategi.
Tidak memadainya pendidikan dan pelatihan karyawan tingkat bawah.
Tidak terkendalinya factor2 lingkungan eksternal
Tidak memadainya kepemimpinan dan pengarahan dari para manajer departemen.
Tidak jelasnya implementasi pada tugas dan aktivitas kinci
Tidak memadainya pemantauan aktivitas oleh informasi yang dimiliki.
Strategi implementasi adalah sejumlah total aktivitas dan pilihan yang dibutuhkan untuk dapta menjalankan sebuah perencanan strategis.
Implementasi strategi merupakan proses berbagai strategi dan kebijakan berubah menjadi tindakan melalui pengembagnan program, anggaran dabn prosedur.
Implementasi emrupakan kunci sukses dari manajemen strategi.
Memulai proses impelementasi :
Siapa yang akan melakukan rencana strategis?
Pihak yang terlibat dalam implementasi strategis mungkin akan lebih banyak dibanding mereka yang merumuskannya.
Sebahagian besar perusahaan multi industry yang besar.
Setiap karyawan dalam berbagai cara harus dilibatkan dalam berbagai proses implementasi yang ada baik tingkat korporasi, unit bisnis maupun fungsional.
Apa yang harus dilakukan?
Mengembangkan program, anggaran dan prosedur.
Mencapai sinergi
Bagaiman sumber daya manusia bertanggung jawab dalam implementasi akan melaksanakan berbagai hal yang diperlukan?
Strategi formulation
Strategi (bersaing) bisnis : sering juga dikenal dengan strategi bersaing. Strategi bisnis ini berfokus pada peningkatan posisi bersaing produk dan jasa perusahaan dalam industry atau segmen pasar tertentu yang dilayani perusahaan. Sebagai tambahan, strategi bisnis menimbulkan pernyataan seperti :
Haruskah kita bersaing berdasar biaya rendah , atau melakukan diferensiasi berdasar hal selain biaya, missal kualitas dan layanan.
Harus bersaing secara langsung dengan pesaing utama kita untuk pangsa pasar yang terbesar tetapi paling diminiati banyak pesaing, atau berfokus pada etnik pasar yang tidak diminati tetapi tetap menguntungkan.
Pertanyaan2 ini berlaku untuk sebuah perusahaan yang menjalankan usaha tunggal dalam suatu industry dan, apabila perusahaan tersebut multibisnis, maka berlaku untuk unit2 bisnisnya.
Tiga strategi generic, yang digunakan uneuk mencapai kinerja di atas rata2 dalam suatu industry industry (pastor)
Keunggulan biaya
Dalam strategi ini perusahaan menjadi produsen berbiaya rendah dalam industrinya.
Diperensiasi
Dalam strategi difenrensiasi, perusaahaann berusaha unutk menjadi unik dalam industrinya dalam sejumlah dimensi tertentu yang secara umum dihargai pembeli.
Focus
Strategi ini sangat berbeda dair strategi lainnya karena strategi ini memilih untuk bersaing dalam cakupan persaingan yang sempit dalam suatu industry. Stratgi focus mempunyai dua varian yaitu focus biaya dan focus diferensiasi.
Xxx
A
Permasalahan2 dalam strategi bersaing
Struktur industry dan strategi bersaing
Taktik bersaing
Taktik waktu
Taktik lokasi pasar
Taktik menyerang
Taktik defensive
Strategi fungisonal
Strategi pemasaran = strategi fungsional pemasaran harus mendoroang manajemer pemasaran dalam menentukan siapa akan menjual apa, dimana, kepada siapa, berapa dan bagaiman caranya.
Strategi finansisal = tujuan strategi finansisal adalah untuk menyediakan perusahaan struktur finansisalnya dan dana yang cukup untuk mencapai tujuan umumnya.
Strategi penelitian dan pengembangan = dengan semakin banyak perubahan teknologi dikebanyakan industry yang persaingan hebat, riset dan pengembangan memliki peran fungisonal pentind dibanyak perusahaan. Poster menyatakan bahwa membuat keputusan untuk menjadi pemimpin teknologi atau pengikut teknologi adalah suatu cara untuk mencapai biaya rendah keseluruhan atau diferensiasi.
Strategi operasi = straetgi menentukan bagaimana dan dimana sebuah atau jasa dibuat, tingkat integrasi vertical yang dibutuhkan dan penyebaran sumberdaya fisik yang diperlukan dan hubungannya dengan pemasok yang diinginkan.
Strategi sumber daya manusia dan fungsional lainnya = ini penting bagi perusahaan , bervariasi menurut industruinya. Strategi MSDM perlu menjawab permasalahaan apakah perusahaan harus menyewa karyawan kurang terampil dalam jumlah yang benar, yang tentunya akan menerima upah rendah, melakukan pekerjaan berulang, dan cenderung berhenti setelah waktu tertentu yang cukup singkat.
Stratgi yang harus dihindari
Para manajer yang telah melakukan analis yang buruk atau kurang kreatif dapat terperangkap untuk ikut mempertimbangkanya yakni :
Mengikuti pemimpin
Pukul yang laba dan lari
Berimpor
Lakukan apa saja
Kehilangan tangan
Pemilihan strategi terbaik
Setelah manajemen mengindentifikasikan dan mengevaluasi berbagai alternative strategi selanjutnya, manajemen harus memilih salah satu untuk di implementasikan. Karena banyak alternative yang meungkin dipandang layak bagaimanakah manajer strategi menentukan yang terbaik?
Sikap manajemen terhadap risiko
Tekanan2 dari lingkungan ekseternal
Tekanan terhadap budaya perusahaan
Kebutuhan dan keinginan manajer kunci.
Pilihan strategi
Pemilihan strategi adalah keputusan yang baik tingkat maupun bisnis, keputusan ini menetukan strategi masa depan perusahaan. Dalam situasi ini beberapa factor akan mempengaruhi pemilihan strategi.
Peran strategi yang lalu
Tingkat ketergantungan perusahaan pada pihak luar
Sikap terhadap risiko
Pertimbangan politis internal
Saat (timming)
Reaksi pesaing.
PERUMUSAN STRATEGI
Misi
Luas : melayani dengan terbaik minat pemegang saham, pelanggan dan karyawan.
Sempit : menjadi pemanufaktur dan pemaar global yang berorientasi pada alat2 rumah tangga.
Tujuan, strategi, kebijakan
IMPLEMENTASI STRATEGI
Program, anggaran, prosedur Evaluasi dan penegendalian
Download Selengkapnya Rangkuman Di Atas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar