Senin, 29 Juni 2009

Rangkuman Beberapa Pokok Bahasan Manajemen Strategik

Strategi implementation

Untuk menjamin suksesnya suatu manajemen, strategic, maka harus diwujudkan dalam suatu tindakan implementasi yang cermat, ini berarti:

  • Strategi harus diwujudkan menjadi pedoman untuk kegiatan sehari-hari para anggota perusahaan.

  • Strategi dan perusahaan harus menjadi satu, artinya strategi harus tercermin dalam cara perusahaan mengorganisasikan, kegiatannya dan dalam system nilai, keyakinan, dan warna perusahaan.

  • Dalam mengimplementasikan strategi, para manajemer perusahaan harus mengarahkan dan mengendalijkan kegiatan dan hasil serta menyesuaikan diri dengan perusahaan.

Masalah2 dalam mengimlementasikan strategi menurut survey fortune 5000:

  1. Implementasi berjalan lebih baik lambat dari perencanaan awalnya.

  2. Munculnya masalah2 utama yang tidak terduga.

  3. Kordinasi kegiatan yang tidak efektif.

  4. Perhatian tehadap aktivitas persaingan dan penaganan krisis yang berlebihan sehingga mengaliihkan [perhatian terhadap implementasi yang harus dijalankan.

  5. Kurangnya kemampuan para karyawan yang terlihat dalam implementasi strategi.

  6. Tidak memadainya pendidikan dan pelatihan karyawan tingkat bawah.

  7. Tidak terkendalinya factor2 lingkungan eksternal

  8. Tidak memadainya kepemimpinan dan pengarahan dari para manajer departemen.

  9. Tidak jelasnya implementasi pada tugas dan aktivitas kinci

  10. Tidak memadainya pemantauan aktivitas oleh informasi yang dimiliki.

Strategi implementasi adalah sejumlah total aktivitas dan pilihan yang dibutuhkan untuk dapta menjalankan sebuah perencanan strategis.

Implementasi strategi merupakan proses berbagai strategi dan kebijakan berubah menjadi tindakan melalui pengembagnan program, anggaran dabn prosedur.

Implementasi emrupakan kunci sukses dari manajemen strategi.

Memulai proses impelementasi :

  1. Siapa yang akan melakukan rencana strategis?

Pihak yang terlibat dalam implementasi strategis mungkin akan lebih banyak dibanding mereka yang merumuskannya.

Sebahagian besar perusahaan multi industry yang besar.

Setiap karyawan dalam berbagai cara harus dilibatkan dalam berbagai proses implementasi yang ada baik tingkat korporasi, unit bisnis maupun fungsional.

  1. Apa yang harus dilakukan?

  • Mengembangkan program, anggaran dan prosedur.

  • Mencapai sinergi

  1. Bagaiman sumber daya manusia bertanggung jawab dalam implementasi akan melaksanakan berbagai hal yang diperlukan?

Strategi formulation

Strategi (bersaing) bisnis : sering juga dikenal dengan strategi bersaing. Strategi bisnis ini berfokus pada peningkatan posisi bersaing produk dan jasa perusahaan dalam industry atau segmen pasar tertentu yang dilayani perusahaan. Sebagai tambahan, strategi bisnis menimbulkan pernyataan seperti :

  1. Haruskah kita bersaing berdasar biaya rendah , atau melakukan diferensiasi berdasar hal selain biaya, missal kualitas dan layanan.

  2. Harus bersaing secara langsung dengan pesaing utama kita untuk pangsa pasar yang terbesar tetapi paling diminiati banyak pesaing, atau berfokus pada etnik pasar yang tidak diminati tetapi tetap menguntungkan.

  3. Pertanyaan2 ini berlaku untuk sebuah perusahaan yang menjalankan usaha tunggal dalam suatu industry dan, apabila perusahaan tersebut multibisnis, maka berlaku untuk unit2 bisnisnya.

Tiga strategi generic, yang digunakan uneuk mencapai kinerja di atas rata2 dalam suatu industry industry (pastor)

  1. Keunggulan biaya

Dalam strategi ini perusahaan menjadi produsen berbiaya rendah dalam industrinya.

  1. Diperensiasi

Dalam strategi difenrensiasi, perusaahaann berusaha unutk menjadi unik dalam industrinya dalam sejumlah dimensi tertentu yang secara umum dihargai pembeli.

  1. Focus

Strategi ini sangat berbeda dair strategi lainnya karena strategi ini memilih untuk bersaing dalam cakupan persaingan yang sempit dalam suatu industry. Stratgi focus mempunyai dua varian yaitu focus biaya dan focus diferensiasi.


Xxx

  1. A

  2. Permasalahan2 dalam strategi bersaing

  3. Struktur industry dan strategi bersaing

  4. Taktik bersaing

  5. Taktik waktu

  6. Taktik lokasi pasar

  7. Taktik menyerang

  8. Taktik defensive

Strategi fungisonal

  1. Strategi pemasaran = strategi fungsional pemasaran harus mendoroang manajemer pemasaran dalam menentukan siapa akan menjual apa, dimana, kepada siapa, berapa dan bagaiman caranya.

  2. Strategi finansisal = tujuan strategi finansisal adalah untuk menyediakan perusahaan struktur finansisalnya dan dana yang cukup untuk mencapai tujuan umumnya.

  3. Strategi penelitian dan pengembangan = dengan semakin banyak perubahan teknologi dikebanyakan industry yang persaingan hebat, riset dan pengembangan memliki peran fungisonal pentind dibanyak perusahaan. Poster menyatakan bahwa membuat keputusan untuk menjadi pemimpin teknologi atau pengikut teknologi adalah suatu cara untuk mencapai biaya rendah keseluruhan atau diferensiasi.

  4. Strategi operasi = straetgi menentukan bagaimana dan dimana sebuah atau jasa dibuat, tingkat integrasi vertical yang dibutuhkan dan penyebaran sumberdaya fisik yang diperlukan dan hubungannya dengan pemasok yang diinginkan.

  5. Strategi sumber daya manusia dan fungsional lainnya = ini penting bagi perusahaan , bervariasi menurut industruinya. Strategi MSDM perlu menjawab permasalahaan apakah perusahaan harus menyewa karyawan kurang terampil dalam jumlah yang benar, yang tentunya akan menerima upah rendah, melakukan pekerjaan berulang, dan cenderung berhenti setelah waktu tertentu yang cukup singkat.

Stratgi yang harus dihindari

Para manajer yang telah melakukan analis yang buruk atau kurang kreatif dapat terperangkap untuk ikut mempertimbangkanya yakni :

  1. Mengikuti pemimpin

  2. Pukul yang laba dan lari

  3. Berimpor

  4. Lakukan apa saja

  5. Kehilangan tangan

Pemilihan strategi terbaik

Setelah manajemen mengindentifikasikan dan mengevaluasi berbagai alternative strategi selanjutnya, manajemen harus memilih salah satu untuk di implementasikan. Karena banyak alternative yang meungkin dipandang layak bagaimanakah manajer strategi menentukan yang terbaik?

  1. Sikap manajemen terhadap risiko

  2. Tekanan2 dari lingkungan ekseternal

  3. Tekanan terhadap budaya perusahaan

  4. Kebutuhan dan keinginan manajer kunci.

Pilihan strategi

Pemilihan strategi adalah keputusan yang baik tingkat maupun bisnis, keputusan ini menetukan strategi masa depan perusahaan. Dalam situasi ini beberapa factor akan mempengaruhi pemilihan strategi.

  1. Peran strategi yang lalu

  2. Tingkat ketergantungan perusahaan pada pihak luar

  3. Sikap terhadap risiko

  4. Pertimbangan politis internal

  5. Saat (timming)

  6. Reaksi pesaing.

PERUMUSAN STRATEGI

Misi

Luas : melayani dengan terbaik minat pemegang saham, pelanggan dan karyawan.

Sempit : menjadi pemanufaktur dan pemaar global yang berorientasi pada alat2 rumah tangga.

Tujuan, strategi, kebijakan

IMPLEMENTASI STRATEGI

Program, anggaran, prosedur Evaluasi dan penegendalian

Download Selengkapnya Rangkuman Di Atas

Tidak ada komentar:

Selamat Datang Di Buabuazone Nusantara | Agama Islam Terbaru : Ekonomi Syariah, Segera : Tentang Agama Islam Lainnya | Bisnis Dan Internet Terbaru : Bisnis Minyak Nilam, Segera : Tutorial Bisnis Online Lainnya | Budaya Terbaru : Budaya Jawa, Segera : Budaya Papua | Ekonomi Dan Politik Terbaru : Penjelasan Tentang Inflasi, Deflasi, Dan Bank, Segera : Perkembangan Perekonomian Indonesia | Militer Terbaru : Tentara Nasional Indonesia, Segera : Armada Perang Tentara Nasional Indonesia | Musik Terbaru : Lagu-Lagu Anti Komersil Dan Lagu-Lagu Rock Festival Indonesia, Segera : Penyanyi-Penyanyi Legenda Indonesia | Olahraga Terbaru : Liputan Seputar Piala Dunia 2010, Segera : Berita Terbaru Dan Hasil Pertandingan Terbaru Piala Dunia 2010 | Pendidikan Dan Pengetahuan Terbaru : Tarsius, Primata Terkecil Di Dunia, Segera : Informasi Tentang Ilmu Pengetahuan Lainnya | Sastra Terbaru : Kisah Si Malin Kundang, Segera : Cerita-Cerita Rakyat Lainnya | Wisata Terbaru : 10 Monumen Yang Paling Menakjubkan Di Dunia , Segera : Kota-Kota Tujuan Wisata Indonesia | Selamat Membaca Dan Tataplah Dunia Bersama Buabuazone Nusantara...^_^
 
© Copyright by Buabuazone Nusantara  |  Template by http://blogtemplate4u.com/