Senin, 29 Juni 2009

Rangkuman Beberapa Pokok Bahasan Studi Kelayakan Bisnis

Kualitas produk, baik yang berupa barang atau jasa perlu ditentukan melalui dimensi-dimensinya. Sebutkan dan jelaskan dimensi-dimensi dari kualitas produk berupa barang ?

dimensi dari kualitas produk berupa barang, yaitu:

    1. performance, yaitu berkaitan dengan aspek fungsional suatu barang dan merupakan karakteristik utama yang dipertimbangkan pelanggan dalam membeli barang tersebut.

    2. Features, yaitu aspek performansi yang berguna untuk menambah fungsi dasar, berkaitan dengan pilihan-pilihan produk dan pengembangannya

    3. Reliability, yaitu hal yang berkaitan dengan probabilitas atau kemungkinan suatu barang berhasil menjalankan fungsinya setiap kali digunakan dalam periode waktu tertentu dan dalam kondisi tertentu pula

    4. Corformance, yaitu hal yang berkaitan dengan tingkat kesesuiaan terhadap spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya berdasarkan pada keinginan pelanggan.

    5. Durability, yaitu suatu refleksi umur ekonomis berupa ukuran daya tahan atau masa pakai barang

    6. Aesthetics, merupakan karakteristik yang bersifat subyektif mengenai nilai-nilai estetika yang berkaitan dengan pertimbangan pribadi dan dan refleksi dari preferensi individual.

    7. Fit and finish, yaitu suatu sifat subjektif yang berkaitan dengan perasaan pelanggan mengenai keberadaan produk tersebut sebagai produk yang berkualitas.


Sebutkan dan jelaskan secara singkat perencanaan tataletak (layout) yang harus diperhatikan dalam industri manufaktur ?

Ada tiga yaitu :

  • Tataletak pabrik

Penempatan fasilitas-fasilitas yang dipakai dalam pabrik, seperti letak mesin-mesin, alat produksi, dan lajur pengangkutan barang. Letak dari fasilitas-fasilitas tersebut harus dikaji agar proses produksi dapat dijalankan secara efektif dan efisien.

  • Tataletak Kantor

Tataletak kantor hendaknya disesuaikan dengan besar kecilnya investasi. Tataletak harus dirancang dengan memperhatikan kemudahan dalam berkomunikasi, struktur organisasi yang diterapkan, serta bentuk layanan yang dilaksanakan secara rutin

  • Tataletak gudang

Hal utama yang perlu dicermati antara lain besar atau kecilnya nilai investasi, tataletak gudang hendaknya dapat memudahkan aktivitas bongkar muat barang, fleksibilitas pengaturan barang apabila jumlah barang yang disimpan berkurang atau bertambah, dan keselamatan barang di gudang.

Sebutkan dan Jelaskan 3 macam cara penilaian lokasi !

  • Metode Kualitatif Metode ini berpatokan pada penilaian oleh suatu tim yang dibentuk khusus terhadap faktor – faktor yang ditentukan terlebih dahulu.

  • Metode Transportasi Metode ini terutama digunakan bila perusahaan telah memiliki beberapa pabrik dan beberapa gudang dan bermaksud untuk menambah kapasitas satu pabriknya atau adanya relokasi pelayanan dari setiap pabrik atau menambahkan pabrik atau gedung yang baru.

  • Metode Analisis Biaya Konsepnya berdasarkan pada pemanfaatan biaya tetap dan biaya variabel untuk membantu pemilihan alternatif lokasi sehingga dapat disusun hubungan persamaan untuk masing – masing alternatif lokasi antara biaya dan ditanggung oleh masing – masing lokasi dan volume produksi yang diinginkan.

Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi lokasi ?

    1. Produktifitas Tenaga Kerja

Karyawan merupak input paling penting bagi perusahaan, sehingga tingkat produktifitas tenaga kerja sangat menentukan keberhasilan dan kesuksesan perusahaan.

    1. Nilai Tukar dan Resiko Mata Uang

Perusahaan dapat mengambil keuntungan dari nilai tukar yang menguntungkan dengan memindahkan lokasi atau mengekspor produk ke negara lain. Dengan demikian fluktuasi mata uang mengandung unsur risiko yang cukup signifikan untuk dipertimbangkan dalam strategi lokasi.

    1. Biaya

Biaya yang ada dalam lokasi terdiri dari dua macam yaitu Biaya nyata (tangiable cost) yang dapat dihitung atau langsung dikenali secara tepat. Sedangkan yang kedua adalah Biaya tidak nyata (intangiable cost) lebih sulit ditentukan.

    1. Sikap

Sikap dari pemerintah pusat, wilayah maupun daerah terhadap kepemilikan swasta, penetapan zona, polusi, stabilitas tenga kerja dan pola kepemimpinan


    1. Kedekatan dengan Pasar

Banyak perusahaan yang secara sengaja memilih lokasi operasionalnya dekat dengan konsumen, seperti restoran, salon. Begitu juga usaha mnaufaktur memilih lokasi dekat dengan konsumen karena mahalnya biaya transportasi jika harus berada di lokasi yang berjauhan, seperti pabrik semen.

    1. Kedekatan dengan Suplier

Hal ini disebabkan oleh : biaya transpotasi yang mahal, jumlah produk yang banyak, dan bahan baku yang mudah rusak.

    1. Kedekatan dengan Pesaing (Clustering)

Clustering yaitu lokasi yang saling bersaing, yang sering disebabkan oleh adaya informasi, bakat, modal proyek, atau sumber daya yang berlimpah di suatu daerah.

Sebutkan dan jelaskan hal-hal yang perlu dipertimbangkan untuk meneliti lokasi tempat usaha apabila memilih lokasi di daerah pemukiman ?

  1. Kelompok Kesukuan, yaitu dengan mengetahui berbagai macam suku yang mungkin berada di daerah tersebut, maka kita juga kan mengetahui kebutuhan spesifikasi dari kelompok tersebut.

  2. Kepercayaan maupun kebudayaan, kita tentu tidak akan menjual produk-produk yang tidak dikonsumsi oleh sebagian besar penghuni karena faktor tertentu.

  3. Taraf hidup maupun daya belinya, dapat dilakukan dengan mengamati produk, jasa maupun kualitasnya yang perlu disediakan dan yang cocok untuk konsumen. Kemudian tempat belanja apa yang cocok bagi masyarakat di sana.

  4. Jumlah pembeli yang diharapkan membeli, Hal ini diperlukan untuk menetapkan banyaknya macam-macampenjualan atau rata-rata nilai penjualan setiap harinya untuk memperkirakan perputarannya. Misalnya dengan memperhatikan apakah di sana pusat shooping atau tidak.


Apakah pembuatan prototip perlu dilakukan pada sebuah produk yang dilempar ke pasar ?

Ya, karena prototip berguna untuk menilai kemampuan produk agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Prototip dibuat sebagai produk percobaan sebelum produk dibuat secara besar-besaran. Pengujian dilakukan untuk mengetahui apakah prototip ini sudah dapat diimplementasikan atau belum. Jika belum, masih dapat diperbaiki lagi, lalu diuji lagi dan seterusnya sehingga sesuai dengan harapan. Akhirnya, terciptalah desain produk akhir yang siap untuk diimplementasikan dan dilempar ke pasar.

Sebutkan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pemilihan letak pabrik !

    1. Letak konsumen potensial atau pasar sasaran yang akan dijadikan tempat produk dijual.

    2. Letak bahan baku utama.

    3. Sumber tenaga kerja.

    4. Sumber daya seperti air, kondisi udara, dan tenaga listrik di sekitar pabrik.

    5. Fasilitas transportasi yang memadai.

    6. Fasilitas untuk pabrik, seperti pengadaan onderdil untuk kendaraan, serta fasilitas untuk karyawan seperi pasar, apotek, praktek dokter, dll.

    7. Lingkungan masyarakat sekitar yang akan mempengaruhi secara positif dan negatif.

    8. Peraturan pemerintah, misalnya dalam hal kawasan berikat dan AMDAL

Jelaskan apa yang dimaksud luas dan kapasitas produksi?:

Luas Produksi adalah kapasitas yang digunakan oleh perusahaan dalam periode tertentu. Dapat diukur dengan kapasitas mesin, penyerapan bahan baku, jumlah tenaga kerja, jumlah jam kerja, jumlah mesin dan unit keluaran.

Kapasitas Produksi adalah kemampuan pembatas dari unit produksi untuk dapat berproduksi dalam waktu tertentu, dan biasanya dinyatakan dalam bentuk keluaran (output) per satuan waktu

Penilaian yang diperlukan dalam aspek teknis dan produksi salah satunya adalah penentuan layout fasilitas dan pabrik. Sebutkan pertimbangan penting dalam pengaturan layout fasilitas dan pabrik tersebut ?

  • Kelancaran aliran proses produksi.

  • Kebutuhan administrasi / perkantoran.

  • Kebutuhan penjualan.

  • Lalulintas pengangkutan barang serta bahan.

  • Penerangan dan Ventilasi.

  • Bentuk pabrik dan biaya pembangunannya.

  • Biaya produksi.

Jelaskan urutan perekrutan sampai diterimanya seseorang jadi pegawai !

  1. Rekrutmen Merupakan suatu kegiatan untuk mencari sebanyak-banyaknya calon tenaga kerja yang sesuai dengan lowongan yang tersedia.

  2. Seleksi Seleksi ialah proses memilih seseorang dari kelompok pelamar yang paling cocok/mampu menduduki posisi tertentu dan untuk organisasi

  3. Orientasi Dilakukan pada pegawai yang telah diterima, setelah melalui tahapan seleksi.

  4. Penempatan Proses pengalokasian karyawan yang sesuai dengan bidang dan keahliannya setelah melalui tahap orientasi.

Sebutkan tiga jenis bentuk struktur organisasi dan jelaskan secara singkat !

  1. Struktur organisasi garis atau lini, yaitu organisasi yang semata-mata memiliki hubungan wewenang lini dalam organisasinya. Biasanya jumlah karyawan sedikit, maka struktur organisasi masih sederhana.

  2. Struktur organisasi lini dan staf, pelimpahan wewenang berlangsung secara vertikal dan sepenuhnya dari pimpinan tertinggi kepada unit di bawahnya. Biasanya terdapat dalam organisasi besar dan jumlah karyawan yang banyak.

  3. Struktur organisasi fungsional, disusun berdasarkan sifat dan macam-macam fungsi yang harus dilaksanakan. Pembagian tugas secara tegas dan jelas dapat dibedakan.

Bagaimana SKB mengatasi perubahan struktur organisasi terhadap karyawan perusahaan yang memiliki resistensi terhadap perubahan?


Perusahaan melakukan perubahan struktur organisasi dengan tujuan ingin mencapai tujuan dan jalannya perusahaan agar lebih cepat dan lebih baik, sehingga perubahan struktur organisasi sangat diperlukan oleh perusahaan, oleh karena itu karyawan yang memiliki resistensi terhadap perubahan akan diberi pengarahan, himbauan, sangsi, SP, atau dilakukan pemecatan langsung, karena karyawan yang memiliki resistensi sangat berpengaruh buruk terhadap perusahaan dan akan mengganggu jalannya perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan itu sendiri, dalam pencapaian SKB.

Masalah kemanusian sering timbul dalam kehidupan suatu organisasi, oleh karena itu para manajer merasa tertolong dengan adanya job analysis. Hal tersebut disebabkan job analysis dapat memberikan manfaat dan bantuannya dalam beberapa hal.Sebutkan manfaat dan bantuan Job Analysis bagi para manajer?

- Penarikan, seleksi dan penempatan pegawai
- Pendidikan
- Penilaian jabatan
- Perbaikan syarat-syarat pekerjaan
- Perencanaan organisasi
- Pemindahan dan promosi

Sebutkan hal – hal yang harus diperhatikan untuk meneliti lokasi tempat usaha !

  • Perhatikan akan keterbatasan modal

  • Pelajari lebih mendalam lokasi yang telah dipilih

  • Potensi perkembangan daerah

Mengapa sumber daya manusia (SDM) merupakan faktor sentral dalam suatu organisasi ?

Sumber daya manusia (SDM) menjadi faktor sentral dalam suatu organisasi karena organisasi merupakan wadah atau perkumpulan SDM yang terdiri atas bermacam-macam tingkatan manajemen. Tanpa adanya SDM, organisasi tak akan terbentuk ibarat sebuah mobil, tanpa mesin, kerangkanya ada tapi tidak bisa jalan. Sehingga apapun bentuk serta tujuan organisasi dibuat berdasarkan berbagai visi untuk kepentingan manusia dan dalam pelaksanaan misinya dikelola dan diurus oleh manusia.

Kapan penilaian prestasi dapat dilakukan pada suatu perusahaan ketika perusahaan tersebut sedang mengalami beberapa masalah ?

Penilaian prestasi dapat dilakukan dengan membandingkan prestasi dari setiap karyawan dengan standar prestasi perusahaan, tetapi apabila perusahaan tersebut sedang mengalami beberapa masalah ,alangkah baiknya apabila perusahaan tersebut dapat menyelesaikan atau meperbaiki masalah tersebut terlebih dahulu, baru kemudian melakukan penilaian prestasi sehingga hasil penilaian prestasi tersebut dapat maksimal dan dapat digunakan para manajer untuk menentukan aktivitas pekerjaan itu dan standar prestasinya.

Jelaskan mengapa nilai tukar dan resiko mata uang menjadi salah satu faktor yang harus di pertimbangkan dalam penentuan lokasi perusahaan?

Karena nilai tukar mata uang suatu Negara terhadap mata uang Negara lain yang tidak menguntungkan dapat mengeliminir penghematan yang dilakukan, dan kadang-kadang perusahaan dapat mengambil keuntungan dari nilai tukar yang menguntungkan dengan memindahkan lokasi atau mengekspor produknya ke Negara lain. Oleh karena itu fluktuasi mata uang mengandung unsure resiko yang cukup signifikan untuk dipertimbangkan dalam strategi penentuan lokasi

Dalam strategi lokasi usaha waralaba, ada beberapa cara yang dijalani oleh frencise dalam menentukan lokasi usaha. Jelaskan cara-cara tersebut secara singkat!

Calon frencise biasanya akan diberikan kesempatan menetukan lokasi yang dipilih. Jika tidak atau belum memiliki bayangan seberapa strategis lokasi yang ingin dipilih, frencise dapat meminta kepada frencisor untuk memberi gambaran tentang lokasi tempat usaha itu. Atau meminta nasehat kepada frencisor dimana sebaiknya lokasi yag tepat untuk usaha. Frencisor biasanya melakukan studi (riset) pasar sebelum memberikan persetujuan kepada frencise.

Download Selengkapnya Rangkuman Di Atas

Tidak ada komentar:

Selamat Datang Di Buabuazone Nusantara | Agama Islam Terbaru : Ekonomi Syariah, Segera : Tentang Agama Islam Lainnya | Bisnis Dan Internet Terbaru : Bisnis Minyak Nilam, Segera : Tutorial Bisnis Online Lainnya | Budaya Terbaru : Budaya Jawa, Segera : Budaya Papua | Ekonomi Dan Politik Terbaru : Penjelasan Tentang Inflasi, Deflasi, Dan Bank, Segera : Perkembangan Perekonomian Indonesia | Militer Terbaru : Tentara Nasional Indonesia, Segera : Armada Perang Tentara Nasional Indonesia | Musik Terbaru : Lagu-Lagu Anti Komersil Dan Lagu-Lagu Rock Festival Indonesia, Segera : Penyanyi-Penyanyi Legenda Indonesia | Olahraga Terbaru : Liputan Seputar Piala Dunia 2010, Segera : Berita Terbaru Dan Hasil Pertandingan Terbaru Piala Dunia 2010 | Pendidikan Dan Pengetahuan Terbaru : Tarsius, Primata Terkecil Di Dunia, Segera : Informasi Tentang Ilmu Pengetahuan Lainnya | Sastra Terbaru : Kisah Si Malin Kundang, Segera : Cerita-Cerita Rakyat Lainnya | Wisata Terbaru : 10 Monumen Yang Paling Menakjubkan Di Dunia , Segera : Kota-Kota Tujuan Wisata Indonesia | Selamat Membaca Dan Tataplah Dunia Bersama Buabuazone Nusantara...^_^
 
© Copyright by Buabuazone Nusantara  |  Template by http://blogtemplate4u.com/