Rabu, 20 Januari 2010

Investasi Sumber Daya Manusia Dalam Sebuah Perusahaan

PENDAHULUAN

Keputusan bekerja dan pilihan pekerjaan dipengaruhi oleh variable rupiah upah, mafaat bekerja dan keuntungan pribadi yang diperoleh. Banyak tenaga kerja meenentukan pemikirannya dalam menentukan plihannya dalam meskipun persyaratan subtansial utama suatu investasi merupakan bagian dari tenaga kerja yang memerlukan suatu biaya awal untukdapat menggantikan beberapa periode waktu terakhir. Tenaga kerja yang memerlukan suatubiaya awal untuk apat mrnrtukan keputusannya berdasarkan faktor tertentu seperti arus uaph dan kondisi pekerjaan. Bentuk dari keputusan inilah nantinya akan menetukan perkembangan suatu bingklai kerja dengan jalan investasi.

Pekerjaan menjalankan tiga macam keutamaan investasi pasar tenaga kerja yang meliputi tiga macam keutmaan investasi pasar tenaga kerja yang meliputi : pendidikan dan pelatihan, migrai dan mencari pekerjaan baru. Investasi tersebut meliputi harga utama dan semuanya dibuat untuk mencapai tujuan investasi yang nantinya akan dapat meberikan hasil. Penekanan pada esensi yang sama dalam investasi ini ke investasi lain, dijabarkan oleh ahli ekonomi sebagai investasi dalam modal manusia dalm suatu bentuk konsep peningkatan keahlian. Peningkatan dan keahlian suatu pekerja berasal dari pendidikan dan pelatihan yang mencakup segala pengalaman sebagai modal produktif. Meskipun nilai dari jumlah produktif tersebut didapatklan dari beberapa keahlian dalam pasar kerja.



1.Pengertian Investasi SDM

Investasi pada bidang sumber daya manusia adalah pengorbanan sejumlah dana yang dikeluarkan dan kesempatan memperoleh penghasilan selama proses investasi. Umumnya dalam membicarakan hasil investasi. Umumnya dalm membicarakan hasil investasi modal manusia tersebut dibagi dalam tiga kategori berikut :

1)Diluar suku bunga atau biaya langsung, meliputi biaya pendidikan (perkuliahan), buku-buku, perpindahan (migrasi) dan transportasi waktu mencari pekerjaan.
2)Oportunity cost pengadaan sumber-sumber yang marupakan faktor harga lain, karena selama periode investasi biasanya tidak mungkin malakukan pekerjaan.
3)Adanya korban perasaan yang dihitung satuan harga tertentu, sebab pandidikan maerupakan suatu hal yang sulit dan membosankan serta menyesuaian. Demikian pula migrasi berarti mengucapkan selamat tinggal pada sanak keluarga dan teman.

2.Pendidikan dan Latihan

Pendidikan dan latihan merupakan salah satu faktor yang pentin dalam pengembangan SDM. Pendidikan dan latihan tidak hanya menambah pengetahuan, akan tetapi juga meningkatkan keterampilan bekerja, dengan demikian meningkatkan produktifitas kerja. Pendidikan dan latihan dipandang sebagai investasi yang imbalannya dapat diperolaeh beberapa tahun kemudian salam bentuk pertambahan hasil kerja.

1)Teori Human Capital
Seseorang dapat meningkatkan penghasilannya melalui peningkatan pendidikan. Setiap tambahan satu tahun sekolah berarti, disatu pihak menigkatkan kemampuan kerja dan tingkat penghasilan seseorang.

2)Internal Rate of Return (IRR)
IRR dari melajutkan sekolah dalam waktu tertentu adalh tingkat discount yang mempersamakan hasil dari melajutkan sekolah tersebut dengan biaya total. Biaya total untuk melanjutkan sekolah adalah jumlah biaya tidak langsung (opportunity cost) dan biaya langsung.

3)Perhitungan Private dan Sosial
Perhitungan private dan social menunjukan hubungan benefit yang diperoleh masyarakat secara keseluruhan termasuk oleh yang bersangkutan dengan notasi V(t) iaya social yang ditanggung masyarakat dengan notasi W(t).

4)Penggunaan IRR dalam Analisa Human Capital
Perhitungan IRR private pada human capital dapat digunakan dalam beberapa hal seperti : (a) dasar pengambilan keputusan untku melanjutkan sekolah atau tidak; (b) menerangkan situasi keaj; (c) merurumuskan kebijaksanaan pendidikan dan tenaga kerja; (d) dan lain-lain.

3.Persyaratan Pedidikan Bagi Pekerja
Banyak cara ditempuh oleh pekerja (pekerja potensial) yang menambah kapasitas pendapatan melalui pendidikan. Mereka biasa bersekolah di pendidikan tinggi , akademi atau lulusan sekolah tertentu. Mereka bisa bersekolah disekolah yang memiliki fasilitas laboratorium praktikum atau intitut teknik. Hal ini dapat dimasuki oleh mereka yang melalui program magang atau mendapatkan keahlian dalam pekerjaan. Permintaa untuk beberapa tipe pendidikan atau pelatiahan esensialnya adalah sama. Program ini akan menganalisa permintaan pendidikan tinggi sebagai suatu ilustrasi dan aplikasi teori modal manusia.

4.Gambaran Manfaat dan Biaya Investasi Pendidikan

Manfaat suatu investasi sangat berharga dalam beberapa waktu, mengadung dua pengertian : (1) jika masyarakat merencanakan untuk menikmati manfaat tersebut apabial mereka maniakmati lebih awal. Artinya secara relatif manfaatnya dapat dinikmati sebagai contoh konsumsi sekarang, tetapi ketidakpastian hidup membuat masa depan prblrmatik sebagai suatu kenikmatan; (2) jika masyarakat berencana menginvestasiakn keuntungan keuangan, maka mereka memperoleh ketertarikan dalam menginvestasikan dan kemudian memperbesar dana mereka untuk masa depan. Masyarakat menggunakan keuntungan tersebut untuk masa yang akan datang.

5.Metode Pilihan dan Implikasinya

Dalam penjelasan yang terdahulu ditekankan bahwa investasi suatu pendidikan tinggi sangat berguna bagi keuntungan masa sekarang.

1)Umur Pekerja
Ada kesamaan keuntungan yang diperoleh selama kuliah diperguruan tinggi setiap tahun. Orang muda memiliki total keuntungan yang lebih besar dari pada pekerja –pekerja biasa yang lebih tua karena memiliki semangat kerja yang bertahan lebih lama. Orang lebih muda lebih besar semangatnya dari pada yang lebih tua. Karena itu diharapkan orang yang lebih muda memiliki kecenderungan yang lebih besar daripada orang yang lebih tau untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi aau menggunakan bentuk pendidikan lain sepeti aktifitas pelatihan.

2)Biaya Pendidikan
Perkriaan model ketiga yaitu investasi modal manusia lebih memungkinkan pada saat harga-harga lebih rendah. Biaya keuangan faktor utama untuk dapat melanjutkan kuliah diperguruan tinggi antara lain: pendapatan yang masih belum pasti diketahui dan biaya langsung uang perkuliahan, buku-buku dan biaya dasar lainnya seperti makanan dan penginapan.



Kesimpulan

Peningkatan kualitas SDM menjadi perhatian semua pihak dalam meamsuki era globalisasi ini. Terlebih dalam suasana krisis miltidimensi, masyarakat membutuhkan dukungan berbagai pihak untuk menghadapi persaingan bebas. Untuk itu pendidikan mamagang peranan penting bagi peningkatan kualitas sumberdaya yang dimiliki.

Agar tidak dengan masyarakat dan bangsa di dunia, maka peningkatan pendidikan menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan potensi dasar yang dimiliki masyarakat dan bangsa Indonesia. Peningkatan kualitas paendidikan akan memiliki makan bagi perbaikan kualitas Indonesia secara keseluruhan.

Krisis ekonomi memberikan pengalaman, negara-negara yang mempunyai kualitas SDM yang baik akan lebih cepat bangkit dari krisis. Sementara negara yang memiliki SDM tidak baik akan kesuliata menghadapi krisis ekonomi bahkan mengakibatkan krisis multidimensional.

Indikator kualitas SDM dapat beruap tingkat pendidikan dan tingkat peduduknya. Dengan demikian negara berkembang seperti Indonesia untuk memacu pertumbuhan ekonomi memerlukan SDM berkualitas. Namun tingginya kaulitas tidak dapat diukur dengan angka-angka semata, melainkan diukur dengan apa yang dihasilkan.

Besarnya pengeluaran pemerintah dan masyarakat terhadap bidang pendidikan dan kesehatan menjadi ukuran yang menunjukan perhatian pada usaha penegembangan kualitas SDM. Investasi SDM yang dilakukan negara-negara maju sangat menentuakn dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi riil.

Dampak investasi SDM negara maju mampu melebihi dampak investasi fisik. Dengan demikian dana yang digunakan untuk menginvestasi SDM relatif lebih sedikit dibandingkan investasi fisik untuk menumbuhkan laju pertumbuahn ekonomiyang sama.
Selamat Datang Di Buabuazone Nusantara | Agama Islam Terbaru : Ekonomi Syariah, Segera : Tentang Agama Islam Lainnya | Bisnis Dan Internet Terbaru : Bisnis Minyak Nilam, Segera : Tutorial Bisnis Online Lainnya | Budaya Terbaru : Budaya Jawa, Segera : Budaya Papua | Ekonomi Dan Politik Terbaru : Penjelasan Tentang Inflasi, Deflasi, Dan Bank, Segera : Perkembangan Perekonomian Indonesia | Militer Terbaru : Tentara Nasional Indonesia, Segera : Armada Perang Tentara Nasional Indonesia | Musik Terbaru : Lagu-Lagu Anti Komersil Dan Lagu-Lagu Rock Festival Indonesia, Segera : Penyanyi-Penyanyi Legenda Indonesia | Olahraga Terbaru : Liputan Seputar Piala Dunia 2010, Segera : Berita Terbaru Dan Hasil Pertandingan Terbaru Piala Dunia 2010 | Pendidikan Dan Pengetahuan Terbaru : Tarsius, Primata Terkecil Di Dunia, Segera : Informasi Tentang Ilmu Pengetahuan Lainnya | Sastra Terbaru : Kisah Si Malin Kundang, Segera : Cerita-Cerita Rakyat Lainnya | Wisata Terbaru : 10 Monumen Yang Paling Menakjubkan Di Dunia , Segera : Kota-Kota Tujuan Wisata Indonesia | Selamat Membaca Dan Tataplah Dunia Bersama Buabuazone Nusantara...^_^
 
© Copyright by Buabuazone Nusantara  |  Template by http://blogtemplate4u.com/