Jumat, 11 Juni 2010

Mandela Hadiri Pembukaan Piala Dunia




NELSON Mandela tak dipungkiri memberi dukungan moral besar menjelang Piala Dunia 2010, Selasa, setelah keluarganya menyatakan ikon anti-apartheid berusia 91 tahun itu akan tercatat di antara penonton ketika turnamen sepakbola tersebut dimulai.

Saat negara itu memberikan sentuhan-sentuhan akhir dalam berbagai persiapan, seperti pembukaan jalur kereta kecepatan tinggi pertama di benua itu dan mengumumkan berbagai rencana membawa para fans dari satu stadion ke stadion lain, pengumuman tentang Mandela menyingkirkan salah satu kekhawatiran terbesar bagi penyelenggara yang berusaha keras membujuknya menonton acara pembukaan.

Nkosi Zwelivelile Mandela, yang bertindak sebagai jurubicara keluarga itu, sebelumnya mengemukakan bahwa kakeknya terlalu rapuh untuk bisa hadir.

Namun dia mengatakan Mandela akan menghadiri acara pembukaan Jum’at ini di stadion Soccer City Johannesburg, walau mungkin cuma sebentar.

"Dia akan datang dan menyambut para fans...sebelum pulang ke kediamannya," papar Zwelivelile Mandela.

"Kami mencoba melihat situasi untuk mengetahui berapa lama dia bisa bertahan di stadion itu. Setidaknya 10 sampai 15 menit."

Konfirmasi

Sello Hating, jurubicara Nelson Mandela Foundation, mengkonfirmasikan bahwa "Pak Mandela telah menyatakan berniat untuk menghadiri pertandingan pembukaan" walau dia bilang akan mengambil keputusan akhir pada hari itu."

Danny Jordaan, eksekutif kepala panitia penyelenggara lokal, mengatakan keadaan akan jadi lebih baik jika Mandila memang bisa hadir.

"Itu akan menakjubkan jika dia dapat hadir," ujar Jordaan kepada televisi SABC. "Kami berdoa semoga dia betul-betul dapat datang."

Afrika Selatan kini melakukan count down hari-hari terakhir jelang pembukaan kejuaraan sepakbola terbesar di dunia Jum’at ini.

Persiapan terus dilakukan, termasuk perampungan bermacam sarana dan fasilitas serta peningkatan keamanan di negara yang sangat rawan kejahatan tersebut.

Tapi persiapan-persiapan itu tidak seluruhnya bebas problema, dengan para pemakai ponsel mungkin tak bisa mendapatkan koneksi.

Dengan kick-off kejuaraan itu tinggal tiga hari lagi, Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan fakta bahwa Afrika akhirnya jadi tuan rumah turnamen itu merupakan suatu "kemenangan bagi umat manusia."

"Ini merupakan suatu kebanggaan Afrika, suatu suara bagi orang di seluruh dunia, khususnya negara-negara berkembang. Ini adalah momen berbagai impian jadi kenyataan," ujar Ban kepada wartawan sebelum menghadiri acara jamuan malam kemanusiaan. (afp/bh)

>Sumber : http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=57813:panitia-piala-dunia-afsel-senang-mandela-akan-saksikan-pertandingan-pembukaan&catid=83:umum&Itemid=145

Tidak ada komentar:

Selamat Datang Di Buabuazone Nusantara | Agama Islam Terbaru : Ekonomi Syariah, Segera : Tentang Agama Islam Lainnya | Bisnis Dan Internet Terbaru : Bisnis Minyak Nilam, Segera : Tutorial Bisnis Online Lainnya | Budaya Terbaru : Budaya Jawa, Segera : Budaya Papua | Ekonomi Dan Politik Terbaru : Penjelasan Tentang Inflasi, Deflasi, Dan Bank, Segera : Perkembangan Perekonomian Indonesia | Militer Terbaru : Tentara Nasional Indonesia, Segera : Armada Perang Tentara Nasional Indonesia | Musik Terbaru : Lagu-Lagu Anti Komersil Dan Lagu-Lagu Rock Festival Indonesia, Segera : Penyanyi-Penyanyi Legenda Indonesia | Olahraga Terbaru : Liputan Seputar Piala Dunia 2010, Segera : Berita Terbaru Dan Hasil Pertandingan Terbaru Piala Dunia 2010 | Pendidikan Dan Pengetahuan Terbaru : Tarsius, Primata Terkecil Di Dunia, Segera : Informasi Tentang Ilmu Pengetahuan Lainnya | Sastra Terbaru : Kisah Si Malin Kundang, Segera : Cerita-Cerita Rakyat Lainnya | Wisata Terbaru : 10 Monumen Yang Paling Menakjubkan Di Dunia , Segera : Kota-Kota Tujuan Wisata Indonesia | Selamat Membaca Dan Tataplah Dunia Bersama Buabuazone Nusantara...^_^
 
© Copyright by Buabuazone Nusantara  |  Template by http://blogtemplate4u.com/